Salin Artikel

Alasan Golf Disebut Olahraga Mahal dan Cara Menyiasatinya

KOMPAS.com - Bermain golf kerap disebut salah satu olahraga yang paling mahal untuk menjadi sekedar hobi. Berapa biaya untuk memainkan olahraga ini dan mengapa biaya untuk memulainya begitu mahal?

Untuk bisa bermain pemain, seseorang memerlukan satu set tongkat golf lengkap dengan aksesori tambahan seperti bola, tee, hingga handuk.

Ada juga biaya tambahan untuk pakaian golf spesialis dan biaya keanggotaan yang bisa mencapai ratusan atau ribuan dolar setiap tahun.

Menurut Wind Tree Golf, pemain golf permulaan saja bisa menghabiskan sekitar 3000 dollar AS (Rp 42 juta). Berikut ini alasan yang membuat permainan golf menjadi salah satu hobi yang mahal.

Pemeliharaan lapangan golf

Lapangan golf mahal dan membutuhkan perawatan dan pemeliharaan 365 hari dalam setahun. Ini sangat mahal, terutama di lapangan 18 hole penuh yang merupakan standar Kejuaraan.

Selain itu, setiap orang membutuhkan lahan yang luas secara eksklusif untuk bermain. Jadi lapangan golf biasanya hanya terletak di pinggiran kota.

Biaya pemeliharaan yang besar itu biasanya dibayar dari kantong para pemain. Tak heran jika paket keanggotaan lumayan mahal untuk memenuhi kebutuhan pemeliharaan lapangan.

Biaya lapangan golf untuk satu putaran, berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 1 jutaan. Lapangan golf juga bervariasi dari diskon untuk penduduk dan waktu pertandingannya. Akhir pekan misalnya lebih mahal daripada hari kerja.

Peralatan golf

Alasan lain mengapa golf disebut mahal adalah karena banyaknya peralatan yang diperlukan. Pemain membutuhkan keanggotaan klub, driver, pakaian golf, bola, tas, dan peralatan lainnya.

Misalnya untuk, tongkat golf standar dan lengkap jika membeli baru harganya bisa mencapai 500 dollar AS (Rp 7 juta). Sementara tas golf standar tanpa merek bisa dijual dengan harga minimal 100 dollar AS (Rp 1 juta).

Selain itu menurut Wind Tree Golf, 24 bola golf harganya sekitar 30-50 dollar AS (Rp 400.000 hingga Rp700.000). Ditambah tee dan handuk seharga 15 dollar AS (Rp 200.000-an).

Ongkos itu, belum termasuk biaya untuk pakaian yang digunakan pegolf. Mulai dari sepatu dan satu atau dua kemeja polo, sepasang celana pendek dan topi golf, harganya sekitar 300-500 dollar AS (Rp 4-7 jutaan).

Persepsi bermain golf mahal

Mungkin alasan utama mengapa golf mahal adalah karena persepsi tentang golf yang dipelihara. Ini mungkin karena fakta bahwa banyak pebisnis atau politisi tingkat tinggi menyukai olahraga golf.

Bermain golf banyak disukai karena metode bermainnya yang santai dan taman hijau subur, yang bisa menjadi suguhan relaksasi bagi tubuh.

Karena itu, tujuan bermain golf salah satunya adalah untuk kesehatan mental dan fisik, sehingga direkomendasikan sebagai olahraga sehari-hari

Karena golf tidak populer di negara ini, banyak juga yang berpikir bahwa ini adalah permainan orang asing dan secara default menganggapnya mahal. Padahal, meningkatnya popularitas permainan di negara ini dapat membantu mengalahkan persepsi ini.

Berikut trik yang biasa diambil untuk menyiasati kecenderungan biaya tinggi dari bermain golf.

Set Stik Golf Terbaik 2021

Strata 16-Club Men's Complete Golf Club Set

Melansir Best Products, lini Strata menawarkan set sembilan klub (12 buah saat menghitung dua penutup kepala dan tas). Set klub golf entry-level yang sempurna untuk seseorang yang membutuhkan semua hal penting dalam “paket siap-ayun” yang terjangkau dari merek ternama.

Lengkap dengan tas stand yang ringan, set ini termasuk driver, 3-wood, 5-hybrid, enam iron, pitching wedge, dan putter.

Driver memiliki kepala besar dan sweet spot, sebanding dengan klub dengan harga lebih tinggi, yang digunakan para profesional. Sedangkan 5-hybrid memberikan alternatif yang bagus untuk besi panjang stik golf secara keseluruhan.

Callaway Big Bertha Iron Set, 5-PW

Big Bertha mungkin adalah nama yang paling terkenal di klub golf, setelah driver asli mereka pada 1991. Jajaran unggulan Callaway berkembang selama bertahun-tahun, dan terus memimpin liga.

Besi ini diberi label "peningkatan permainan super" oleh Golf Digest, yang berarti mereka dirancang untuk pegolf dengan golf dengan handicap lebih tinggi, yang membutuhkan semua bantuan yang bisa mereka dapatkan.

Selain sebagai salah satu set golf terseksi di lapangan, set stik golf 5-PW ini memiliki performa yang mumpuni. Clubhead yang terlalu besar memiliki salah satu sweet spot terbesar, yang membuatnya lebih mudah meleset jika ayunan tidak konsisten.

TaylorMade SIM MAX Irons, 5-PW

TaylorMade adalah merek klub pemenang Masters Winner 2019, Tiger Woods. Dan SIM Max Irons baru mereka dibuat untuk membuat rata-rata pemain amatir merasa seperti Tiger sendiri.

Set golf satu ini dikatakan memiliki besi terpanjang, tertinggi, dan paling lurus. Ini berkat teknologi Speed Bridge yang melokalisasi fleksibilitas dan memberikan lebih banyak energi dari clubhead ke bola dengan setiap ayunan.

Sementara sistem redaman ECHO meminimalkan getaran pada tembakan yang kurang sempurna.

Untuk handicappers menengah dan tinggi yang menginginkan pengampunan dan jarak maksimum (yaitu, mereka yang memiliki keterampilan "berkembang"), SIM MAX disebut sebagai pilihan set golf tersebut.

Callaway Apex 19 Irons, 5-PW

Callaway Apex 19 adalah besi tempa favorit yang dianugerahi 20 dari 20 bintang di Daftar Panas Golf Digest.

Set golf ini dikategorikan sebagai "besi jarak pemain," yang berarti dibuat untuk pegolf dengan handicap rata-rata, yang dapat menggunakan beberapa yard tambahan dari tongkat mereka.

Tubuh stick golf ini terbuat dari baja karbon ringan yang dibungkus lapisan luar karbon, yang memberikan perasaan yang sangat lembut.

Teknologi peredam tambahan meminimalkan getaran pada kesalahan sesekali. Dan teknologi Face Cup Callaway memberikan peluncuran dan jarak bola yang optimal tanpa mengorbankan kontrol.

https://internasional.kompas.com/read/2021/10/27/120000470/alasan-golf-disebut-olahraga-mahal-dan-cara-menyiasatinya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.