Salin Artikel

Kapan FIFA Didirikan dan Siapa Pendirinya?

KOMPAS.com - FIFA adalah akronim dari bahasa Perancis untuk Fédération Internationale de Football asosiasi atau International Federation of Association Footbal dalam bahasa Inggris.

Federasi Internasional Asosiasi Sepak bola atau FIFA didirikan pada 21 Mei 1904 di belakang markas Union des Sociétés Françaises de Sports Athlétiques (USFSA) di Rue Saint Honoré 229 di Paris.

Lalu, pendirinya adalah asosiasi sepak bola nasional Belgia, Denmark, Perancis, Belanda, Spanyol (diwakili oleh Klub Sepak Bola Madrid saat itu, Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol tidak dibuat sampai tahun 1913), Swedia, dan Swiss.

Robert Guerin adalah presiden pertama FIFA. Pada 1906, Guérin segera digantikan oleh Daniel Burley Woolfall dari Inggris yang telah menjadi anggota asosiasi, seperti yang dilansir dari New World Encyclopedia.

FIFA adalah badan tertinggi dari asosiasi sepak bola, yang berkantor di Zürich, Swiss.

Keanggotaan FIFA semakin luas di luar Eropa dengan bergabungnya Afrika Selatan pada 1909, Argentina dan Chili pada 1912, dan Amerika Serikat pada 1913.

FIFA, organisasi tertua dan terbesar dalam asosiasi sepak bola ini bertanggung jawab untuk mengatur turnamen internasional sepak bola, terutama FIFA World Cup sejak 1930.

Pada 1921, Jules Rimet menjadi presiden FIFA ketiga dan paling berpengaruh. Dalam 33 tahun kepresidenannya, FIFA mendirikan World Cup, diresmikan pada 1930 di Uruguay.

FIFA telah membantu mengatur acara sepak bola Olimpiade 1924 dan 1928, tetapi merasa perlu untuk memiliki acara sendiri, oleh karena itu FIFA World Cup didirikan.

FIFA World Cup kemudian semakian berkembang menjadi acara olahraga tunggal terbesar di dunia.

FIFA telah melewati masa suram selama Perang Dunia I dan II. Home Nations (Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara) sempat menarik diri selama Perang Dunia.

FIFA menangguhkan World Cup selama Perang Dunia II dan memperkenalkannya kembali pada 1950 di Brasil. Home Nations bergabung kembali dengan FIFA pada 1946 dan pada 1954 FIFA telah berkembang menjadi 85 negara anggota.

Pada 1958, Dewan Internasional menyetujui sistem pemungutan suara saat ini untuk memungkinkan perubahan pada permainan, dengan 4 perwakilan FIFA bergabung dengan satu perwakilan dari masing-masing Home Nations.

Transmisi televisi Piala Dunia 1966 berkontribusi pada ekspansi FIFA. Di bawah kepemimpinan presiden Joseph S Blatter, FIFA telah berkembang menjadi 204 anggota asosiasi.

Koleksi sejarah FIFA disimpan oleh National Football Museum di Inggris.

https://internasional.kompas.com/read/2021/10/26/041220370/kapan-fifa-didirikan-dan-siapa-pendirinya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.