Salin Artikel

Bagaimana Sejarah Sepak Bola Jadi Olahraga Mendunia?

KOMPAS.com - Sepak bola memiliki sejarah panjang hingga menjadi olahraga yang mendunia. Sepak bola dalam bentuknya yang sekarang muncul di Inggris pada pertengahan abad ke-19.

Namun bentuk permainan bola seperti sepak bola yang sekarang sudah ada jauh lebih awal dan merupakan bagian dari sejarah olahraga satu ini.

Sejarah cikal bakal sepak bola

Lebih dari 3000 tahun yang lalu, budaya Mesoamerika suku Aztec sudah mengenal permainan bola yang disebut Tchatali, seperti yang dilansir dari Football History.

Di suku Aztec, bola melambangkan matahari. Dalam beberapa acara ritual, permainan bola karet dilakukan untuk menentukan acara ritual. Siapa yang kalah akan dikorbankan untuk para dewa.

Pada abad ke-3 dan ke-2 SM di China juga sudah mengenal permainana bola yang disebut "Cuju" atau "Tsu' Chu".

Bola di periode awal penggunaannya dibuat dari serpihan kulit yang diisi dengan rambut (dokumen pertama bola berisi udara berasal dari abad ke-7).

Namun, permainan bola memiliki status rendah dan tidak termasuk dalam Panhellenic Games.

Di Roma Kuno, permainan bola tidak termasuk dalam hiburan di arena besar (ampiteater), tetapi terjadi dalam latihan di militer dengan nama "Harpastum". Itu adalah budaya Romawi yang akan membawa sepak bola ke pulau Inggris (Britannica).

Permainan sepak bola mulai terbentuk

Permainan sepak bola yang saat ini dimainkan itu dikembangkan di Inggris pada abad ke-12. Di abad ini, sepak bola dikenalkan untuk dimainkan di atas rumput dan dimainkan dengan banyak orang.

Kemudian, upaya untuk menciptakan aturan yang tepat untuk permainan dilakukan pada pertemuan di Cambridge pada 1848.

Peristiwa penting lainnya dalam sejarah sepak bola terjadi pada 1863 di London ketika asosiasi sepak bola pertama dibentuk di Inggris.

Pertemuan itu memutuskan bahwa membawa bola dengan tangan tidak diperbolehkan. Selain itu, juga menghasilkan standarisasi ukuran dan berat bola.

Saat itu, aturan lainnya masih terus berkembang untuk waktu yang lama tentang permainan akan bagaimanapun, sehingga masih ada banyak fleksibilitas dalam bermain. Contohnya, jumlah pemain di lapangan bisa bervariasi.

Seragam juga tidak digunakan untuk membedakan penampilan tim, dan masih umum pemain sepak bola di rumput hijau memakai topi. Lalu, menyundul bola belum menjadi bagian dari permainan sepak bola.

Olahraga sepak bola ini pada awalnya merupakan hiburan bagi kelas pekerja Inggris. Jumlah penonton belum pernah sebesar sekarang. Di akhir abad ke-19, permainan sepak bola memiliki penonton dalam jumlah besar.

Klub sepak bola pertama

Klub sepak bola telah ada sejak abad ke-15, tetapi tidak terorganisir dan tanpa status resmi. Oleh karena itu, sulit untuk memutuskan klub sepak bola mana yang bertanding pertama.

Beberapa sejarawan menyebutkan bahwa klub sepak bola pertama adalah Foot-Ball Club yang dibentuk pada 1824 di Edinburgh.

Klub awal sering dibentuk oleh mantan siswa sekolah dan yang pertama dari jenis ini dibentuk di Sheffield pada 1855.

Klub sepak bola profesional tertua di antara klub Inggris Notts County yang dibentuk pada 1862, dan masih ada sampai sekarang.

Pada 1880-an, minat pada permainan sepak bola semakin tinggi sehingga dibuka penjualan tiket pertandingan. Akhirnya pada 1885, sepak bola profesional disahkan dan tiga tahun kemudian Liga Sepak Bola Inggris didirikan.

Selama musim pertama, 12 klub bergabung dengan liga, tetapi segera lebih banyak klub menjadi tertarik dan kompetisi berkembang menjadi lebih banyak divisi.

Seperti banyak hal dalam sejarah, wanita untuk waktu yang lama dikecualikan dalam permainan sepak bola.

Baru pada akhir abad ke-19 wanita mulai bisa bermain sepak bola. Pertandingan resmi wanita pertama berlangsung di Inverness pada 1888.

Sepak bola menjadi olahraga yang mendunia

Pada akhir abad ke-19, hanya ada beberapa tim sepak bola nasional, Inggris dan Skotlandia yang memiliki tim aktif pertama yang bermain melawan satu sama lain pada 1870-an.

Saat ini, terdapat 211 asosiasi nasional yang tergabung dalam Fédération Internationale de Football Association (FIFA), badan pengatur olahraga dunia.

Bukti lain dari mendunianya sepak bola dapat dilihat pada peningkatan jumlah negara yang berpartisipasi dalam kualifikasi Piala Dunia, dari 32 pada 1934 menjadi lebih dari 200 pada 2014.

Wilayah sepak bola dunia kini telah dibagi menjadi 6 konfederasi, yaitu Confédération Africaine de Football (CAF), Asian Football Confederation (AFC), Union des Associations Européennes de Football (UEFA).

Lalu, The Confederation of North, Central America and Caribbean Association Football (CONCACAF), serta Konfederasi Sepak Bola Oseania (OFC), dan Confederación Sudamericana de Fútbol (CONMEBOL).

Sepak bola jelas merupakan olahraga mendunia dan tanpa perbandingan yang terbesar di dunia. Kutipan dari buku David Goldblatt "The Ball is Round" adalah salah satu cara untuk tahu alasannya:

"Itu (sepak bola) menawarkan sorotan untuk kemampuan cemerlang individu sambil menikmati tantangan dari usaha kolektif."

"Itu (sepak bola) bisa memberikan kemenangan yang angkuh, pelarian yang beruntung, serangan balik yang mustahil, dan jalan buntu yang keras. Ini (sepak bola) menangkap kecemerlangan ketidakpastian, ketidakpastian hati manusia, dan keterampilan manusia, improvisasi serta kesempatan."

https://internasional.kompas.com/read/2021/10/25/220604070/bagaimana-sejarah-sepak-bola-jadi-olahraga-mendunia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.