Salin Artikel

Peraturan dan Teknik Dasar Badminton, Tak Boleh Asal Pukul

KOMPAS.com - Setiap permainan butuh aturan. Ini karena menang dengan aturan jauh lebih membanggakan daripada tanpa aturan.

Aturan mengarahkan, memberi penekanan, membuat para pemain fokus pada kemenangan. Termasuk dalam olahraga populer seperti badminton.

Apa saja peraturan dan teknik dasar permainan ini? Berikut paparannya.

Peraturan Dasar Badminton

Dilansir laman BWF, ads sejumlah aturan mendasar mengenai permainan badminton.

Diawali dengan keberadaan dua pemain tunggal atau regu/ganda, dengan perlengkapan berupa raket, kok, dan net dalam sebuah lapangan.

Sebuah pertandingan bulu tangkis terdiri dari dua gim alias babak, yang dimenangkan jika salah satu pemain atau regu memperoleh 21 angka.

Jika setiap pemain/pasangan meraih kemenangan satu gim dalam suatu pertandingan, maka dilanjutkan ke gim penentu atau rubber game.

Masing-masing pemain atau anggota regu dilarang menyentuh net dengan raket maupun melintasi batas lapangan tersebut saat memukul kok ke arah lawan.

Poin diperoleh ketika seorang pemain mampu menempatkan kok di wilayah permainan lawan dan memperoleh kesempatan untuk melakukan servis berikutnya.

Jika kedudukan berada imbang di angka 20, pertandingan berlanjut hingga pemenang memiliki selisih angka dua lebih banyak dari lawannya.

Maksimal angka yang bisa diperoleh adalah 30 angka, yang juga menjadi titik penentuan apabila pertandingan berada pada situasi imbang 29-29.

Pemenang sebuah gim juga memiliki hak untuk melakukan servis pada babak berikutnya.

Dalam masing-masing gim terdapat jeda/istirahat selama 60 detik, saat salah satu pemain sudah mendapat 11 poin dalam pertandingan.

Sementara interval antar gim atau babak berjalan selama dua menit, diiringi pergantian wilayah permainan antar pemain atau regu.

Kategori permainan badminton sendiri saat ini terpisah menjadi lima yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Teknik Dasar Badminton

Teknik dasar badminton diawali dengan cara memegang raket, gerakan langkah di lapangan, melakukan servis, melepaskan pukulan, dan bertahan.

Seperti dilansir dari situs resmi PB Djarum, terdapat sejumlah teknik bagi para pemain dalam melakukan servis ataupun jenis pukulan untuk meraih poin.

Jenis pukulan servis yang dikenal saat ini adalah forehand, backhand, maupun flick yang dilakukan secara tiba-tiba untuk mengecoh lawan.

Adapun untuk jenis pukulan yang bisa dipelajari dalam meneyerang antara lain lob, dropshot, hingga drive.

Ada pula smash, yang menitikberatkan pada kekuatan pemain secara penuh.

https://internasional.kompas.com/read/2021/10/24/213000170/peraturan-dan-teknik-dasar-badminton-tak-boleh-asal-pukul

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke