Salin Artikel

Jurnalisme: Definisi, Tujuan, dan Kekhasan

KOMPAS.com - Jurnalisme sudah berkembang sedemikian pesat.

Dari era Julius Caesar sampai saat ini, banyak sekali peran penting aktivitas jurnalistik yang mempengaruhi sejarah.

Lalu, apa sebenarnya definisi dari jurnalisme?

Definisi Jurnalisme

Definisi jurnalisme, dilansir dari Ameciran Press Intitute, adalah kegiatan mengumpulkan, menilai, menciptakan, dan menyajikan berita dan informasi.

Berita dan informasi merupakan produk dari kegiatan ini.

Jurnalisme dapat dibedakan dari aktivitas dan produk lain, dengan karakteristik dan praktik tertentu yang dapat diidentifikasi.

Elemen-elemen khas dalam jurnalisme, tidak hanya memisahkannya dari bentuk-bentuk komunikasi lainnya, tetapi juga yang membuatnya sangat diperlukan bagi masyarakat demokratis.

Sejarah mengungkapkan bahwa semakin demokratis suatu masyarakat, semakin banyak berita dan informasi yang dimilikinya.

Tujuan Jurnalisme

Tujuan jurnalisme menurut Bill Kovach dan Tom Rosenstiel dalam bukunya "The Elements of Journalism", tidak ditentukan oleh teknologi, jurnalis, atau teknik yang digunakan.

Sebaliknya, menurut keduanya, “prinsip dan tujuan jurnalisme ditentukan oleh sesuatu yang lebih mendasar: fungsi yang dimainkan berita dalam kehidupan orang-orang.”

Berita adalah bagian dari komunikasi yang membuat manusia tetap mendapat informasi tentang peristiwa, masalah, dan karakter yang berubah di dunia luar.

Meskipun mungkin menarik atau bahkan menghibur, nilai utama berita adalah sebagai utilitas untuk memberdayakan informasi.

Tujuan jurnalisme adalah untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan warga negara untuk membuat keputusan terbaik tentang kehidupan, komunitas, masyarakat, dan pemerintah mereka.

Kekhasan Jurnalisme

Dunia, dan terutama dunia online, dibanjiri komunikasi.

Namun, sebagian besar komunikasi ini bukan berita dan jurnalisme.

Masih mengutip dari American Press Institute, hampir 70 persen lalu lintas email adalah spam, menurut perusahaan keamanan web Symantec.

Pada 2012, rata-rata ada 175 juta tweet setiap hari. Tetapi hampir semua, sekitar 99 persennya, terdiri dari "ocehan yang tidak ada gunanya,” menurut para peneliti di Carnegie Mellon University.

Jurnalisme menempati ruang yang jauh lebih kecil daripada pembicaraan, hiburan, opini, penegasan, iklan, dan propaganda yang mendominasi jagat media.

Namun jurnalisme dianggap lebih berharga daripada kebanyakan "hal di luar sana".

Nilai itu mengalir dari tujuannya, untuk memberi orang informasi terverifikasi yang dapat mereka gunakan untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Dalam praktiknya, yang terpenting adalah proses sistematis, yang mencakup disiplin verifikasi, yang digunakan jurnalis untuk menemukan bukan hanya fakta, tetapi juga "kebenaran tentang fakta".

https://internasional.kompas.com/read/2021/10/10/161932770/jurnalisme-definisi-tujuan-dan-kekhasan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.