Salin Artikel

Adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong, Dianggap Sosok Sombong dan Dibenci Pejabat Korea Utara

Setidaknya dalam dua tahun terakhir, Kim adik tampil sebagai sosok yang keras ketika mengomentari lawan, maupun para pembelot negaranya.

Dia menyebut pembelot sebagai "anjing kudis" dan "sampah manusia", maupun menyindir Presiden Korea Selatan Moon Jae-in sebagai "beo yang dibesarkan AS".

Disebut mewakili sisi keras sang kakak, ternyata banyak juga pejabat Korea Utara yang tidak simpatik kepada Kim adik.

"Banyak orang tidak menganggap istimewa Kim Yo Jong, karena dia selalu melontarkan kata kasar setiap mengomentari urusan luar negeri," kata si sumber di Provinsi Ryanggang.

"Tak punya pengalaman"

Diwartakan Radio Free Asia, pada Mei sejumlah pejabat dikabarkan takut jika Kim adik berada di depan mereka.

Sebab, saat itu muncul desas-desus bahwa Kim adik tak segan-segan membunuh orang yang membuat dia gugup.

"Mungkin karena Wakil Direktur Kim masih muda, jadi dia tidak tahu kapan harus menjaga ucapannya. Dia juga sosok yang sombong," papar pejabat tersebut.

"Beberapa ofisial bahkan dalam pertemuan tertutup mengatakan 'Saya harap Kim Yo Jong tak muncul di sini dan berulah'," ujar dia.

Sumber lain di Provinsi Hamgyong Utara mengungkapkan, status Kim adik takkan dicapai jika dia tak dekat dengan kakaknya.

Pejabat itu juga menceritakan, ayah mereka, Kim Jong Il, juga menempatkan saudaranya. Tetapi pemberian posisi itu memang layak.

Kim generasi kedua disebut menempatkan adiknya Kim Kyong Hui di politbiro setelah umurnya 60 tahun, dan diterima semua kalangan.

"Sementara Kim Jong Un mempromosikan Kim Yo Jong di usia 20-an, tanpa pengalaman. Jauh berbeda dari ayah mereka," tuturnya.

Perbedaan signifikan lain adalah, Kim adik terlalu sering tampil di muka umum. Sementara bibinya cenderung menghindarinya.

Pejabat anonim itu menuturkan, si bibi meski jarang tampil di depan umum selalu membantu tugas kakaknya mengurus negara.

"Seberapa penting pekerjannya, tidak elok jika dia terlalu sering tampil dan membuat ulah," jelas ofisial itu.

Ofisial itu menduga, masa kecil sang pemimpin yang tinggal di luar negeri jadi penyebab dia lebih sering memercayai adiknya.

Menghabiskan masa mudanya di Swiss membuat Kim kakak tidak punya sosok yang bisa dia andalkan sepenuhnya.

"Tetapi, apa yang dia lakukan melanggar ideologi dan prinsip partai yang melarang adanya nepotisme," jelas sumber tersebut.

https://internasional.kompas.com/read/2021/10/06/184813870/adik-kim-jong-un-kim-yo-jong-dianggap-sosok-sombong-dan-dibenci

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke