Salin Artikel

"Watashi Kirei?" Legenda Kuchisake-onna akan Mulai Mengintaimu

KOMPAS.com - "Watashi Kirei?" (apakah saya cantik?) begitu Kuchisake-onna, hantu wanita berambut hitam suka bertanya kepada pejalan kaki yang sendirian di tengah kegelapan malam di Jepang.

Menurut kisah legendanya, saat seseorang yang menerima pertanyaan itulah ia tengah diintai menjadi korban Kuchisake-onna, hantu wanita bermulut robek sepanjang telinga kanan ke kiri.

Jika korban menjawab "ya", maka Kuchisake-onna akan melepaskan topengnya dan memperlihatkan mulutnya yang robek dipenuhi darah.

Menurut cerita, Kuchisake-onna terkadang muncul dengan menggunakan sapu tangan atau kipas tradisional untuk menutupi mulutnya yang robek, seperti yang dikutip dari Yokai.com. 

Kemudian, Kuchisake-onna akan bertanya lagi, "Kore demo?" (apakah saya masih cantik?).

Jika korbannya menjawab "tidak" atau berteriak karena ketakutan, maka Kuchisake-onna akan segera menyerangnya, merobek mulutnya dari telinga kanan ke kiri dengan gunting besar. Kuchisake-onna membuat wajah korbannya menyerupai dirinya.

Ketika korbannya berbohong, menjawab "ya" untuk kedua kalinya, maka Kuchisake-onna akan membuntuti korbannya sampai ke rumah untuk kemudian membantainya secara brutal di malam itu juga.

Menurut cerita, ada sejumlah anak muda yang berhasil lolos dengan berkelit, memberikan jawaban yang membingungkan, seperti, "kamu baik-baik saja" atau "biasa saja".

Ada juga yang disebutkan menggunakan uang atau permen untuk mengecoh Kuchisake-onna dan berhasil kabur.

Kuchisake-onna, hantu wanita bermulut robek, adalah cerita rakyat yang melegenda tentang wanita cantik berambut hitam panjang bernama Kuchisake yang tewas mengenaskan. 

Kuchisake adalah istri dari seorang pria yang mencurigainya tidak setia.

Diceritakan bahwa ternyata itu terbukti, Kuchisake telah jatuh cinta pada pria lain dan berencana untuk meninggalkan suaminya.

Gelap mata karena cemburu, suaminya menyerang Kuchisake sampai pingsan dan mengikatnya.

Ketika Kuchisake sadar, dia diancam dibunuh karena ingin meninggalkannya. Kemudian, suaminya merobek mulut Kuchisake menjadikannya memiliki "senyuman" lebar permanen.

"Siapa yang akan menganggapmu cantik sekarang? kata suaminya sesaat sebelum ia memenggal kepala Kuchisake.

Sesaat kemudian, suaminya sangat menyesal telah membunuh Kuchisake, istrinya. Akhirnya, ia pun menikam dirinya sendiri hingga tewas.

Diyakini peristiwa itu melatari penampakan dari sosok legendaris di tanah Jepang sebagai Kuchisake-onna, hantu wanita bermulut robek.

Disebutkan dalam beberapa literasi, teror Kuchisake-onna, hantu wanita bermulut robek, sudah terjadi sejak zaman Edo pada abad ke-17.

Namun selama zaman Edo, penampakan Kuchisake-onna dikaitkan dengan ulah dari kitsune atau siluman rubah dari cerita legenda Jepang yang lebih kuno.

Dahulu, diyakini bahwa kitsune suka mengganggu pria-pria muda. Perlahan legenda hantu wanita bermulut robek itu hanya menjadi cerita.

Namun pada 1970-an, sempat terjadi kegegeran di Prefektur Nagasaki, Jepang tentang Kuchisake-onna. Merebak kabar para anak-anak melihat sosok Kuchisake-onna.

Bahkan ada laporan sekolah mengizinkan anak-anak pulang hanya berkelompok dengan dikawal guru demi keamanan.

Polisi saat itu khawatir bahwa ada pembunuh yang berkeliaran mencari target, sehingga kepolisian menggerakan patroli malam dan mengeluarkan peringatan lokal. Akhir 1979, teror "Watashi Kirei?" dari Kuchisake-onna mereda.

https://internasional.kompas.com/read/2021/10/03/102013870/watashi-kirei-legenda-kuchisake-onna-akan-mulai-mengintaimu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.