Salin Artikel

5 Senjata Jepang Kuno yang Diadaptasi dalam Anime

KOMPAS.com - Jepang memiliki sejarah panjang dalam persenjataan dan perang. Banyak senjata Jepang itu kemudian diadaptasi dalam cerita anime, seperti katakana, yumi, naginata, dan sebagainya.

Berikut Kompas.com merangkum senjata-senjata Jepang kuno yang dipakai dalam anime beserta contoh animenya, seperti yang dilansir dari Myanimelist.com:

Katana adalah pedang panjang melengkung di ujung dan hanya tajam di satu sisi.

Bentuk katana yang unik menjadikannya senjata yang menarik untuk samurai bertarung jarak dekat.

Bilah dan selubung melengkung katakana, memungkinkan samurai menaarik pedang dengan cepat dan lancar.

Kehebatan senjata kuno Jepang ini dibuktikan oleh para samurai Jepang terdahulu, yang mampu menarik katana dan menyerang musuh dengan satu gerakan. Hal ini membuat mereka mampu merespon dengan cepat di medan perang.

Senjata katana ini muncul di beberapa anime Jepang, seperti:

Rurouni Kenshin: Meiji Kankaku Romantan

Serial anime ini berfokus pada seorang samurai yang merupakan mantan pembunuh. Seri ini menampilkan berbagai macam senjata katana dan pengguna.

Meskipun seri ini tidak terlalu realistis, serial ini menampilkan banyak teknik penggunaan senjata katana yang menarik.

Karakter utama serial ini adalah Himura Kenshin, yang menggunakan katana unik bernama sakabato.

Samurai Champloo

Samurai Champloo adalah seri anime lainnya yang melihatkan lebih banyak aksi penggunaan senjata katakan.

Anime ini berfokus terutama pada sepasang samurai dan kemampuan mereka dalam bertarung menggunakan senjata katakana di zaman feodal Jepang.

Samurai 7

Anime ini menceritakan tentang sekelompok samurai dengan katakana yang disewa untuk melindungi sebuah desa kecil dari bandit.

Serial anime ini banyak didasarkan pada film klasik Akira Kurosawa "Seven Samurai" (Shichinin no Samurai).

Samurai 7 memberikan pandangan menarik tentang samurai yang klasik dan futuristik.

Senjata Jepang kuno lainnya dipakai dalam anime adalah yumi. Yumi adalah busur tradisional Jepang yang biasa dipakai para samurai Jepang kuno.

Senjata yumi ini sangatlah tinggi saat dipakai, biasanya lebih tinggi dari pemanahnya.

Ukurannya yang tinggi memungkinkan busur untuk menembak dengan kekuatan yang cukup besar untuk menjadikannya senjata jarak jauh yang baik, atau untuk menembus baju besi saat ditembakkan dari jarak dekat.

Yumi dapat ditembakkan dari atas kuda, serta saat berlutut, dan merupakan senjata pokok para samurai Jepang dalam berperang selama bertahun-tahun, karena memungkinkan mereka untuk menyerang dari jarak jauh sebelum senajta mesiu muncul.

Menurut sejarah, senjata Jepang kuno ini akan menjadi bagian dari setiap pelatihan samurai.

Senjata yumi ini muncul di beberapa anime Jepang, seperti:

InuYasha

Dalam anime InuYasha terdapat karakter bernama Kagome, yang merupakan reinkarnasi dari seorang gadis kuil Jepang zaman feodal.

Sehingga, Kagome ini bisa mahir menggunakan senjata yumi untuk menghapus kejahatan.

Hime Mononoke

Anime ini memiliki karakter protagonis yang menunjukkan keahlian menakjubkannya dalam menggunakan senjata Jepang kuno, yumi, bahkan ketika ia sedang menunggangi kuda atau rusa.

Cardcaptor Sakura

Cardcaptor Sakura adalah contoh anime yang bagus dalam menggambarkan penggunaan yumi tradisional.

Anime ini memunculkan kegiatan menggunakan yumi sebagai kegiatan sekolah, seperti di kehidupan nyata Jepang modern saat ini dalam bentuk Kyudo.

Alice 19th

Seri anime ini menyertakan karakter bernama Kyo Wakamiya yang juga menggunakan senjata Jepang kuno, yumi, secara tradisional.

Dalam serial tersebut, Kyo adalah karakter utama, yang seorang junior di sekolah menengah yang sangat populer.

Bleach

Serial anime populer ini berisi contoh yang kurang tradisional dari yumi. Uryuu Ishida dari serial tersebut adalah seorang Quincy yang menggunakan senjata spiritual berupa busur.

Meskipun bukan yumi tradisional, desain senjata Jepang kuno ini berukuran hampir sama dan digunakan dengan cara yang sangat mirip.

Ishida menggunakan busur ini untuk melawan roh gelisah yang berusaha menelan jiwa.

Naginata adalah senjata Jepang kuno yang terdiri dari tiang dan bilah, yang biasa digunakan oleh samurai.

Naginata adalah senjata yang cukup sederhana, namun berguna dalam berbagai keadaan bagi samurai. Naginata terdiri dari tiang kayu panjang dengan bilah melengkung di ujungnya, sangat mirip dengan katana.

Rata-rata bilah naginata panjangnya 30-76 cm, dan tiangnya tingginya sekitar 91-243 cm.

Naginata adalah senjata Jepang kuno yang telah digunakan sejak sekitar 1100 M, meskipun asal-usul senjata yang agak tidak jelas.

Naginata menjadi senjata para samurai yang sangat populer karena sangat efektif melawan pasukan berkuda.

Karena bentuknya yang unik, senjata Jepang kuno ini memberikan para samurai jangkauan serang yang luas untuk menusuk atau menebas lawan.

Ukuran senjata naginata yang panjang memungkinkan para samurai menguasai ruang besar di medan perang, jika digunakan dengan benar.

Menariknya, senjata naginata ini memiliki sejarah digunakan oleh wanita kelas atas Jepang, untuk mempertahankan rumah dan tanah mereka.

Senjata naginata ini muncul di beberapa anime Jepang, seperti:

Mobile Fighter G Gundam

Seri anime ini memperlihatkan kurang lebih senjata naginata tradisional, tetapi dengan sedikit modifikasi fiksi ilmiah untuk membuatnya efektif.

One Piece

Seri anime ini menyertakan karakter bernama Shirohige (alias Edward Newgate), yang juga menggunakan senjata naginata, meskipun bilahnya tampak sedikit lebih pendek dan lebih lebar dari pada biasanya.

Shirohige adalah kapten bajak laut dan dikenal sebagai orang terkuat di dunia dengan senjata naginata andalannya. Dia juga sekitar tiga kali lebih besar dari pria normal.

Gintama

Gintama menampilkan pengguna naginata yang lebih tradisional. Shimura Tae, karakter dari serial ini sering berkelahi dengan naginata.

Kusari-fundo adalah sebuah rantai logam (kusari) dengan pemberat (fundo) yang melekat pada setiap ujungnya.

Kusari-fundo adalah senjata yang sangat bervariasi dalam hal panjang, berat, dan bentuk.

Bagi orang yang terlatih dengan baik, kusari-fundo dapat digunakan dalam berbagai cara. Senjata Jepang berantai itu bisa diayunkan untuk jarak jauh, digunakan untuk menyerang, menjerat, dan bahkan mencekik.

Senjata berantai yang paling ikonik mungkin adalah kusarigama. Kusarigama yang sedikit lebih rumit dari pada kusari-fundo.

Senjata Jepang ini terbuat dari kama (senjata jenis sabit kecil) yang dipasang pada kusari-fundo standar.

Pengaturan ini mempertahankan fleksibilitas umum dari rantai dasar, tetapi juga memungkinkan penggunaan sabit pada jarak dekat.

Rantai dapat digunakan untuk menjerat senjata lawan atau menjaga lawan pada jarak yang lebih jauh, dan sabit dapat digunakan untuk tindak lanjut yang mematikan.

Senjata kusari-fundo ini muncul di beberapa anime Jepang, seperti:

Naruto

Dalam anime Naruto terdapat karakter bernama Tenten, yang menggunakan senjata berantai kusarigama, bersama dengan sejumlah senjata lainnya.

Banyak dari kekuatannya berkisar pada penggunaan berbagai macam senjata Jepang kuno. Dia mampu menarik senjata lawan dengan kusarigama, sehingga dia dapat dengan mudah menang.

InuYasha

Anime era Sengoku ini menampilkan banyak senjata Jepang kuno. Kohaku, adik dari pemburu iblis Sango, adalah ahli kusarigama.

Soul Eater

Soul Eater adalah acara yang menampilkan penggunaan senjata dengan sangat menonjol.
Acara ini menampilkan karakter bernama Tsubaki Nakatsukasa yang lihai memakai senjata kusarigama.

Hunter X Hunter

Seri ini memiliki karakter bernama Kurapika, yang menggunakan senjata berantai yang sangat non-tradisional.

Kurapika mampu memanggil senjata rantai dari udara tipis dan memiliki rantai yang memanjang dari setiap jari tangan kanannya. Dia mampu mengendalikan rantai-rantai dengan keterampilan yang mengejutkan.

Nunchaku adalah salah satu senjata Jepang yang paling dikenal.

Nunchaku adalah senjata yang sangat sederhana, rantai yang dua ujungnya adalah tongkat yang biasanya terbuat dari kayu.

Nunchaku berasal dari Okinawa dan telah banyak digunakan dalam seni bela diri Okinawa khususnya (terutama dalam karate).

Nunchaku yang digunakan dengan tepat dapat membantu membangun ketangkasan dan koordinasi tangan serta mata.

Karena jangkauannya sangat pendek, senjata Jepang ini buruk untuk melawan orang dengan pedang dan tombak tradisional.

Keuntungan utama dari nunchaku adalah fleksibilitasnya. Senjata Jepang ini dapat digunakan untuk menyerang dan mengunci anggota tubuh lawan.

Senjata nunchaku ini muncul di beberapa anime Jepang, seperti:

Naruto

Anime Naruto memiliki karakter bernama Maito Gai yang menggunakan nunchaku, dan melatih muridnya Rock Lee untuk menggunakannya juga.

Gai adalah seorang ahli dalam taijutsu, atau seni bela diri. Banyak yang memperhatikan bahwa penampilan dan pakaiannya agak mirip dengan Bruce Lee, pengguna nunchaku dan senjata Jepang terkenal lainnya.

Samurai Flamenco

Seri ini memiliki karakter yang bernama Masayoshi Hazama yang benar-benar menggunakan stapler yang bisa berubah menjadi senjata Jepang, nunchaku.

Faktanya, sebagian besar senjata Jepang Masayoshi didasarkan pada perlengkapan kantor.

Hokuto no Ken

Seri anemi ini menampilkan karakter utama, Kenshiro, yang telah dikenal menggunakan senjata Jepang, nunchaku.

Kenshiro telah dilatih dalam pertempuran sejak usia muda, dan dikenal dengan slogannya yang terkenal, "Omae wa mou shindeiru" atau "Anda sudah mati".

Menariknya, Kenshiro memiliki kemiripan dengan Bruce Lee yang legendaris baik dari segi penampilan maupun gaya bertarungnya.

https://internasional.kompas.com/read/2021/09/27/035417770/5-senjata-jepang-kuno-yang-diadaptasi-dalam-anime

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.