Salin Artikel

Biografi Leonard Kleinrock, dari Eksperimen di Buku Komik hingga Jadi Ilmuwan Pelopor Internet

KOMPAS.com - Leonard Kleinrock adalah  ilmuwan Amerika Serikat (AS), yang berkontribusi penting dalam bidang ilmu komputer, khususnya pada landasan teoritis jaringan internet hingga disebut “Bapak Internet”.

Minatnya akan mesin dan teknologi ternyata justru berawal dari kecintaannya akan komik superhero. Dia memulai melakukan eksperimen pada usia sangat dini didukung oleh bahan bacaannya itu.

Dukungan orang tuanya yang besar terhadap minat anaknya membawanya hingga menjadi profesor di UCLA's Henry Samueli School of Engineering and Applied Science.

Dia memainkan peran berpengaruh dalam pengembangan ARPANET (pendahulu Internet), di UCLA.

Eksperimen radio dari komik

Leonard Kleinrock lahir di New York City pada 13 Juni 1934 dari keluarga imigran Yahudi Ukraina miskin.

Duduk di bangku sekolah dasar Leonard Kleinrock gemar membaca komik. Ketika usianya enam tahun perhatiannya teralihkan pada bagian khusus dalam komik Superman yang dibacanya. Di dalamnya ada cara membuat radio kristal dari barang-barang rumah tangga.

Dia pun mempraktikkan instruksi itu dengan alat-alat antara lain: pisau cukur, beberapa pensil, gulungan kertas toilet, dan earphone (yang dia curi dari bilik telepon di toko permen di jalan).

Sang ibu yang mendukung keingintahuan putranya pun membantu Leonard Kleinrock kecil mencari kapasitor ke sebuah toko elektronik di kota New York. Untungnya petugas toko juga membantu bocah itu memilih bagian yang tepat.

“Oh, (seperti) keajaiban mendengarkan musik dari radio yang baru saya buat; dan tidak memerlukan baterai atau daya sama sekali,” ujarnya mengenang momen keberhasilan eksperimen pertamanya, dalam sebuah wawancara dengan IEEE History Center.

Setelah itu, dia terus melakukan eksperimen dengan membongkar radio lama, dan menggunakan bagian-bagiannya untuk merancang radio baru.

“Ibu saya tidak pernah menghalangi saya dan memberi saya tempat di belakang sofa kami untuk membuat kekacauan dan bermain-main.”

Teori antrian

Dia melanjutkan sekolah ke Bronx High School of Science pada 1951. Gelar Bachelor of Electrical Engineering dia terima pada 1957 dari City College of New York.

Sementara gelar master dan doktor (PhD) di bidang teknik elektro dan ilmu komputer diperoleh dari Massachusetts Institute of Technology masing-masing pada 1959 dan 1963.

Dia kemudian bergabung dengan fakultas di University of California di Los Angeles (UCLA), di mana dia tetap sampai sekarang. Selama 1991-1995 ia menjabat sebagai Ketua Departemen Ilmu Komputer di sana.

Karya Leonard Kleinrock yang paling terkenal dan signifikan adalah teori antrian, yang diaplikasikan ke banyak bidang.

Pada 1960-an, teori buatannya itu digunakan untuk pengalihan pesan (message switching). Kemudian itu digunakan sebagai latar belakang matematika utama untuk pengalihan kelompok data (packet switching), pada 1970-an.

Kontribusi awalnya untuk bidang ini adalah tesis doktoralnya di Massachusetts Institute of Technology pada 1962, diterbitkan dalam bentuk buku pada 1964.

Setelah Larry Roberts belajar tentang packet switching pada Simposium 1967 tentang Prinsip Sistem Operasi, dia meminta Leonard Kleinrock melakukan pekerjaan teoritis untuk mengukur kinerja packet switching di ARPANET, yang menjadi cikal bakal Internet.

Karya Leonard Kleinrock ini mendukung pengembangan jaringan packet-switching pada 1970-an. Karya teoritisnya tentang perutean hierarkis pada akhir 1970-an, tetap penting bagi pengoperasian Internet saat ini.

Pada 2001 ia menerima Penghargaan Draper "untuk pengembangan Internet". Namun, kontribusi Leonard Kleinrock pada awal 1960-an untuk memulai konsep packet switching diperdebatkan, termasuk oleh Robert Taylor, Paul Baran, dan Donald Davies.

Baran dan Davies juga diakui oleh sejarawan dan AS National Inventors Hall of Fame karena secara independen menemukan konsep packet switching digital yang digunakan dalam jaringan komputer modern termasuk Internet.

ARPANET

Pesan pertama pada ARPANET dikirim oleh programer mahasiswa UCLA Charley Kline, pada pukul 22:30, pada 29 Oktober 1969 dari Boelter Hall 3420, gedung teknik utama kampus.

Kline ditransmisikan dari komputer host SDS Sigma 7 universitas, ke komputer host SDS 940 Stanford Research Institute.

Teks pesannya adalah kata "login"; huruf "l" dan "o" ditransmisikan, tetapi sistem kemudian macet. Oleh karena itu, pesan literal pertama melalui ARPANET adalah "lo".

Sekitar satu jam kemudian, setelah sistem kembali pulih, komputer SDS Sigma 7 melakukan "login" penuh.

Tautan ARPANET permanen pertama dibuat pada 21 November 1969, antara IMP di UCLA dan IMP di Stanford Research Institute. Pada 5 Desember 1969, seluruh jaringan empat node didirikan.

Pada 1988, Leonard Kleinrock menjadi ketua kelompok yang mempresentasikan laporan Toward a National Research Network kepada Kongres AS.

Laporan ini sangat berpengaruh dan digunakan untuk mengembangkan High Performance Computing Act 1991, yang berpengaruh dalam perkembangan Internet seperti yang dikenal saat ini.

Pendanaan dari RUU tersebut digunakan dalam pengembangan web browser Mosaic 1993, di National Center for Supercomputing Applications (NCSA).

Kamarnya 3420 di Boelter Hall dipulihkan ke kondisi 1969 dan diubah menjadi Situs dan Arsip Warisan Internet Kleinrock.

Leonard Kleinrock mengklaim telah melakukan tindakan ilegal pertama di Internet, setelah mengirimkan permintaan pengembalian pisau cukur listriknya setelah pertemuan di Inggris pada 1973.

Pada saat itu, penggunaan Internet untuk alasan pribadi masih melanggar hukum.

Pengakuan dunia

Leonard Kleinrock menerima banyak penghargaan profesional, seperti National Medal of Science yang bergengsi, penghargaan ilmiah tertinggi bangsa, dari Presiden George W Bush di Gedung Putih pada 2008.

Sebelumnya dia juga menerima The National Medal of Science 2007, untuk kontribusi fundamental Leonard Kleinrock terhadap teori matematis jaringan data modern, dan untuk spesifikasi fungsional “packet switching”, yang merupakan dasar dari teknologi Internet.

Pembimbingannya dari generasi ke generasi melalui siswanya mendorong kemajuan komersialisasi teknologi yang telah mengubah dunia.

Pada 2010 ia menerima Dan David Prize. Pada 2012, Leonard Kleinrock dilantik ke dalam Internet Hall of Fame oleh Internet Society. Dia dilantik menjadi IEEE-Eta Kappa Nu (IEEE-ΗΚΝ) pada 2011 sebagai Anggota Terkemuka.

Penunjukan Anggota Terkemuka itu adalah tingkat keanggotaan tertinggi organisasi dan diberikan kepada beberapa orang terpilih. Mereka memiliki pencapaian teknis dan kontribusi luar biasa melalui kepemimpinan di bidang teknik listrik dan komputer, dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat.

https://internasional.kompas.com/read/2021/09/21/120000470/biografi-leonard-kleinrock-dari-eksperimen-di-buku-komik-hingga-jadi

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.