Salin Artikel

Sejarah Mansa Musa I dan Jatuhnya Harga Emas di Mesir Selama 10 Tahun

KOMPAS.com - Mansa Musa I dari Kekaisaran Mali adalah orang terkaya dalam peradaban manusia hingga ia dengan mudah memberikan para pengemis batangan emas saat melakukan perjalanan haji ke Mekkah.

Namun sejarah mencatat, kemurahan hati yang tidak terukur oleh Mansa Musa I dalam perjalanan ke Mekkah justru mendorong Mesir dalam krisis ekonomi selama 10 tahun lamanya.

Melansir Smart Asset, masuknya emas secara instan dan tak terhitung ke Mesir, Mekah, dan Madinah menyebabkan terjadinya hiperinflasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan hampir memiskinkan ketiga kota besar itu selama lebih dari 10 tahun.

Bagaimana kisah lengkap Mansa Musa I yang berderma secara berlebihan hingga menyebabkan negara lainnya mengalami krisis ekonomi selama 10 tahun?

Berikut Kompas.com merangkum kisah lengkap Mansa Musa I yang kaya raya naik haji ke Mekkah, melansir dari berbagai sumber:

Kekaisaran Mali di Afrika Barat adalah kekaisaran yang bercorak Islam dari generasi sebelum Mansa Musa I memimpin pada 1312.

Pada 1324, Mansa Musa I telah berencana melakukan perjalanan ziarah haji ke Mekkah.
Namun untuk menempuh jarak kira-kira 4.000 mil itu Mansa Musa I tidak pergi sendiri. Ia pergi dengan rombongan kekaisarannya yang terdiri dari puluhan ribu tentara, budak, dan bentara.

Mansa Musa dan rombongannya juga berbekal ratusan pon emas.

Melansir Smart Asset, 12.000 budak Mansa Musa I masing-masing membawa 4 pon emas, 80 unta yang masing-masing memikul 50-300 pon emas. Lima ratus pelayan Musa yang berkuda di depannya masing-masing juga membawa tongkat emas seberat 10,5 pon.

Setiap pengemis yang terlihat, Mansa Musa I memberikan sedekah sebatang emas. Ia juga membayar pedangan di bazar-bazar dengan harga lebih berupa emas.

Selain itu, Mansa Musa I memberikan sumbangan amal resmi ke Mesir, Mekkah, dan Madinah yang masing-masing sebesar 1.250 pon emas.

Hal itu membuat Mansa Musa I dan rombongannya selalu menarik perhatian setiap penduduk dari wilayah yang mereka lewati dari Mali menuju ke Mekkah.

Masuknya emas secara instan dan tak terhitung di Mesir, Mekkah, dan Madinah menyebabkan hiperinflasi yang belum pernah terjad dan hampir memiskinkan ketiga kota besar itu selama lebih dari 10 tahun.

Smart Asset memperhitungkan, dari total muatan emas yang dibawa semua unta Mansa Musa I, setidaknya ada 71.000 pon emas yang pada dasar harganya rendah di Mali, diberikan ke daerah yang menganggap emas langka dan berharga.

Artinya, dalam hal jatuhnya harga emas saja, kerusakan ekonomi yang disebabkan oleh ziarah Mansa Musa I ke Mekkah berjumlah 1,5 miliar dollar AS (Rp 21,4 triliun) dalam bentuk uang modern.

Kemudian sekembalinya Mansa Musa I dari Mekkah, ia membawa beberapa cendikiawan Islam, termasuk keturunan langsung nabi Muhammad, lalu seorang penyair dan arsitek Andalusia bernama Abu Es Haq es Saheli.

Abu Es Haq es Saheli inilah yang secara luas dianggap sebagai perancang masjid Djinguereber yang terkenal di Timbuktu, Mali.

Mengutip BBC, Mansa Musa I dilaporkan membayar Abu Es Haq es Saheli dengan 440 pon emas, jika dikonversi dengan nilai mata uang saat ini mungkin bisa sampai 8,2 juta dollar AS (Rp 116,8 miliar).

Kekayaan Mansa Musa I

Pendiri Amazon Jeff Bezos adalah orang terkaya di dunia, menurut daftar miliarder Forbes 2019 yang dirilis pekan ini. Dengan kekayaan diperkirakan 131 miliar dollar AS (Rp 1,865 triliun), dia adalah orang terkaya dalam sejarah modern.

Diyakini, Bezos sama sekali bukan orang terkaya sepanjang masa, melainkan Mansa Musa I yang dianggap sebagai orang terkaya sepanjang masa.

Mansa Musa I "lebih kaya dari yang bisa digambarkan siapa pun", Jacob Davidson menulis tentang raja Afrika untuk Money.com pada tahun 2015.

Pada 2012, situs web AS Celebrity Net Worth memperkirakan kekayaan Mansa Musa I mencapai 400 dollar AS miliar (Rp 5,697 triliun), tetapi sejarawan ekonomi berpendapat bahwa kekayaannya tidak mungkin untuk dijabarkan ke dalam angka.

Mali memiliki kekayaan alam yang luar biasa, dan menjadi pusat perdagangan di Afrika. Garam merupakan komoditas utama yang diperdagangkan dari utara, sedangkan dari selatan emas dan gading.

Kekayaan Kekaisaran Mali meningkat pesat berkat pajak perdagangan, pertambangan, dan emas yang dikuasai Mali, belum lagi dari pengenaan upeti dari suku-suku yang ditaklukkan.

Mansa Musa I dari Mali dengan demikian menjadi sangat kaya, bahkan mungkin orang terkaya sepanjang masa.

Di bawah pemerintahan Mansa Musa I, Kekaisaran Mali mencaplok 24 kota, termasuk Timbuktu.

Kerajaan membentang sekitar 2.000 mil, dari Samudra Atlantik sampai ke Niger modern, mengambil bagian dari apa yang sekarang menjadi Senegal, Mauritania, Mali, Burkina Faso, Niger, Gambia, Guinea-Bissau, Guinea dan Pantai Gading.

Pada akhir abad ke-14, Mansa Musa I telah digambar dalam Catalan Atlas 1375, sumber penting bagi navigator Eropa Abad Pertengahan.

Dibuat oleh kartografer Spanyol Abraham Cresques, atlas tersebut menggambarkan Musa duduk di atas takhta dengan mahkota emas, lalu sedang membawa bongkahan emas di tangan kanan dan tongkat emas di tangan kirinya.

Timbuktu menjadi "El Dorado" Afrika dan orang-orang datang dari daerah yang dekat dan jauh untuk melihat sekilas kekayaan Kekaisaran Mali.

Pada abad ke-19, kota ini masih kental diselimuti mitos sebagai kota emas yang hilang di ujung dunia, suar bagi pemburu dan penjelajah Eropa, dan hal itu sebagian besar disebabkan oleh eksploitasi Mansa Musa 500 tahun sebelumnya pada emas.

https://internasional.kompas.com/read/2021/09/18/213745470/sejarah-mansa-musa-i-dan-jatuhnya-harga-emas-di-mesir-selama-10-tahun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke