Salin Artikel

10 Tempat Misterius di Dunia, Mana yang Paling Buat Kamu Penasaran?

KOMPAS.com - Ada banyak tempat misterius di belahan dunia ini, mulai dari yang mengandung nilai sejarah, legenda, cerita rakyat, maupun mitos.

Beberapa tempat misterius memiliki larangan untuk turis masuk, ada yang dibatasi oleh pemerintah, dan ada juga di antaranya yang tidak mungkin dijangkau.

Di mana sajakah tempat misterius di dunia ini? Berikut Kompas.com merangkum 10 tempat misterius di dunia yang suka membuat penasaran, yang melansir Curlytales.com dan Farandwide.com:

Tempat arsip rahasia Vatikan adalah salah satu tempat misterius. Tempat arsip rahasia Vatikan adalah salah satu perpustakaan tertua di dunia yang menyimpan buku-buku kuno milik Paus selama beberapa generasi.

Hanya segelintir orang suci yang diizinkan mengakses Arsip Rahasia Vatikan.

Banyak orang percaya bahwa perpustakaan Arsip Rahasia Vatikan ini memiliki buku-buku yang mungkin memiliki bukti keberadaan alien atau bahkan memiliki kitab suci yang tidak menyetujui keberadaan Yesus Kristus.

Namun apa pun yang dikatakan tentang perpustakaan Arsip Rahasia Vatikan, di sini jelas merupakan tempat misterius di dunia.

Di Hutan Bohemian, California dengan luas 2.700 hektar, menjadi salah satu tempat berkumpulnya klub pribadi dari San Fransisco.

Nama klub ini adalah Klub Bohemian. Setiap musim panas di akhir pekan, dikatakan bahwa Hutan Bohemian akan didatangi para anggota klub tersebut yang menyelenggarakan perkemahaman untuk orang-orang yang paling berkuasa di dunia.

Disebutkan bahwa orang-orang yang menjadi peserta terdiri dari politisi, pengusaha, pengacara, jurnalis, aktor, musisi, hingga seniman lainnya. Bisa dibilang Hutan Bohemian menjadi salah satu tempat misterius.

Di pulau Svalbard, Norwegia, terdapat tempat misterius berupa gudang berisi 250 juta benih tanaman di dunia.

Gudang benih ini dibangun untuk membuat beragam tanaman bisa bertahan hidup. Tempat misterius di antara gunung es ini dikatakan dipersiapkan untuk menghadapi kiamat.

Hanya peneliti atau pemulia tanaman yang ditunjuk dengan izin yang sah yang dapat mengunjungi tempat benih ini.

Gereja Bunda Maria dari Zion yang terletak di Etiopia adalah tempat misterius yang diyakini menampung beberapa objek alkitabiah yang paling penting, termasuk Tabut Perjanjian (Ark of God) yang asli.

Legenda seputar Gereja Bunda Maria dari Zion ini, menyatakan bahwa Tabut dibawa ke tempat tersebut oleh Menelik I. Dia membawa Tabut setelah mengunjungi ayahnya, Raja Salomo.

Gereja Bunda Maria dari Zion adalah tempat ibadah yang terletak di Etiopia.

Mezhgorye adalah sebuah kota di Republik Bashkortostan, Rusia. Kota ini melarang masuknya pengunjung dan bahkan orang Rusia dari bagian lain negara ini.

Mezhgorye disebutkan sebagai tempat misterius, desas-desus mengatakan bahwa penduduk kota ini menyimpan proyek rahasia Rusia di sekitar Gunung Yamantaw.

Di Gunung Yamantaw ini dicurigai merupakan lokasi dilakukannya sejumlah program besar rahasia Rusia, seperti program nuklir, bunker yang digunakan selama perang, atau gudang besar batu bara.

Di dataran terpencil di Laos menjadi tempat misterius dengan ditemukannya ribuan guci batu raksasa dari zaman megalitik pada 1930-an.

Guci batu raksasa ini ditaksir berusia 500 SM saat itu. Sebagian besar guci adalah batu pasir, tetapi ada juga yang terbuat dari granit atau batu kapur, dan diduga dipahat dengan alat besi.

Muncul cerita bahwa guci batu raksasa ini adalah peninggalan terakhir dari masyarakat raksasa yang rajanya menggunakannya untuk menyimpan arak berasnya.

Yang lainnya berpendapat bahwa guci batu raksasa ini digunakan orang dulu untuk mengumpulkan air hujan. Sebagian meyakini guci batu raksasa ini digunakan sebagai guci penguburan dengan ditemukan kerangka manusia dan keramik di dekat guci.

Kuil Jupiter dari peradaban Romawi di Baalbek, Lebanon, menjadi salah satu tempat misterius selanjutnya.

Tidak ada yang tahu pasti tujuan dibangunnya kuil dan bagaimana membangunnya.

Di reruntuhan Kuil Jupiter terdapat 25 batu fondasi yang masing-masing berbobot 450 ton, dan 3 batu yang masing-masing memiliki berat 1.000 ton.

Sebagai perbandingan, balok yang digunakan untuk Piramida Agung Giza memiliki berat masing-masing 80 ton. Sementara, lokasi tambang mereka terletak seperempat mil jauhnya.

Terletak di kepulauan Vestmannaeyjar di lepas pantai selatan Islandia, Surtsey adalah pulau vulkanik, tersembunyi dari belahan dunia lainnya.

Pulau Surtsey yang berada di paling selatan Islandia adalah tempat misterius yang diyakini indah, tapi tidak ada yang bisa mendapatkan akses ke tempat ini.

Pulau Surtsey ini terbentuk pada 1963 karena letusan gunung berapi dan hanya ilmuwan yang menginjakkan kaki di sini sejak saat itu.

Diyakini bahwa tempat misterius ini adalah laboratorium hidup, di mana para ilmuwan melakukan eksperimen untuk menganalisis interaksi antara hewan dan tumbuhan tanpa campur tangan manusia.

Pulau Sentinel Utara di Teluk Benggala, dekat Kepulauan Andaman dan Nicobar, adalah pulau misterius yang berisi suku paling berbahaya di dunia.

Tempat misterius ini juga dikenal sebagai salah satu tempat tersulit untuk dikunjungi di dunia.

Pulau ini memiliki populasi suku 50 hingga 400, dan mereka tidak membiarkan peradaban modern menyentuh mereka dengan cara apa pun.

Siapa pun yang mencoba mengunjungi pulau ini telah terbunuh oleh panah dan batu.
Suku Sentinel benar-benar menentang invasi asing dan daerah tersebut dipatroli oleh tentara India, untuk melindungi mereka dari tertular penyakit dari orang asing yang tidak memiliki kekebalan.

Area 51 sering disebut dalam budaya pop. Area 51 adalah salah satu tempat misterius karena menjadi pangkalan militer rahasia terbatas dari pasukan AS, yang berada 83 mil di utara Nevada.

Daerah ini adalah tempat yang digunakan untuk pengembangan pesawat dan sistem senjata oleh militer AS.

Tempat misterius ini diawai setiap saat untuk membatasi segala jenis gangguan asing.

https://internasional.kompas.com/read/2021/09/17/135815870/10-tempat-misterius-di-dunia-mana-yang-paling-buat-kamu-penasaran

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.