Salin Artikel

10 Agustus dalam Sejarah: Kongres AS Setujui Pendirian Smithsonian pada 1846

KOMPAS.com - Smithsonian Institution didirikan dengan dana dari James Smithson (1765–1829), seorang ilmuwan Inggris, di tanah miliknya di AS.

Tujuan pendirian, dilansir situs Smithsonian, adalah untuk meningkatkan dan menyebarkan pengetahuan.

Pada 10 Agustus 1846, Senat AS mengesahkan undang-undang yang mengatur Smithsonian Institution, yang ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden James K Polk.

Kongres mengizinkan penerimaan warisan Smithson pada 1 Juli 1836, tetapi butuh sepuluh tahun perdebatan lagi sebelum Smithsonian didirikan.

Setelah didirikan, Smithsonian menjadi bagian dari proses pengembangan identitas nasional Amerika, yang berakar pada eksplorasi, inovasi, dan gaya unik.

Proses itu berlanjut sampai hari ini.

Filantropi Smithson pada AS memang mengesankan. Disebut sebagai cita-cita yang diilhami organisasi seperti Royal Institution, yang didedikasikan untuk menggunakan pengetahuan ilmiah untuk membuat manusia lebih baik lagi.

Apa yang dirintisnya punya dampak signifikan pada seni, humaniora, dan sains di AS.

Smithsonian Institution sampai saat ini dikenal sebagai suatu lembaga pendidikan dan riset, berikut kompleks museum terkaitnya.

Museum ini dikelola serta dibiayai oleh pemerintah AS dari donasi, kontribusi, dan keuntungan dari toko dan majalahnya, yang juga diberi nama Smithsonian.

Smitsonian punya 19 museum dan galleri, 9 pusat riset serta kebun binatang yang berlokasi di Washington, DC, Arizona, Maryland, New York City, Virginia, Panama dan tempat-tempat lain.

Lembaga ini memiliki lebih kurang 142 juta benda koleksi.

Dilansir VOA, ada sejumlah museum indah di dalamnya, yakni Smithsonian Castle Museum, yang mirip kastil abad pertengahan.

Di dalamnya memajang berbagai barang dan perkakas antik.

Di sampingnya berdiri gedung berbentuk bundar yang disebut Museum Hirshorn, di mana dipajang berbagai patung dan lukisan indah dari masa akhir tahun 1800-an sampai zaman sekarang. Di sana ada lukisan Picasso, Van Gogh, dan sebagainya.

Di belakang Museum Hirshorn ini ada halaman indah yang disebut Sculpture Garden. Di sana bertebaran berbagai patung pemahat termashur dari berbagai zaman.

Patungnya bermacam-macam, ada orang yang hendak digantung, sampai sedang menjalani hukum pasung.

Ada pula patung-patung abstrak yang tidak jelas ujudnya, serta banyak patung laki-laki dan wanita tanpa busana.

https://internasional.kompas.com/read/2021/08/10/142152470/10-agustus-dalam-sejarah-kongres-as-setujui-pendirian-smithsonian-pada

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.