Salin Artikel

Anime Jepang yang Paling Populer di Dunia, Apa Favoritmu?

KOMPAS.com - Berbicara soal Jepang, mungkin terbayang juga di benak beberapa anime, seperti Pokemon, Naruto, dan lainnya.

Anime adalah salah satu gaya seni modern yang sangat populer di Jepang, hingga mungkin menjadi representasi budaya Negara Sakura itu.

Bahkan untuk memeriahkan Olimpiade Tokyo 2020, sekelompok seniman Jepang menciptakan karakter anime yang digambarkan sebagai samurai dari berbagai negara peserta, yang dapat dilihat di situs world-flags.org.

Namun, apakah anime hanya populer di Jepang?

Saat pameran manga terbesar di luar Jepang, di British Museum London, pada Mei 2019, editor internasional Christine Ro melihat anime sebagai bentuk seni naratif visual yang telah mempengaruhi dunia, seperti yang dilansir dari BBC.

Nicole Coolidge Rousmaniere, kurator seni Jepang di British Museum sekaligus profesor seni dan budaya Jepang di University of East Anglia, Inggris, sependapat dengan berkata, "manga sekarang menjadi bahasa internasional".

Di Aljazair, ada majalah Laabstore, yang didedikasikan untuk manga, anime, dan game.

Di Perancis, budaya anime Jepang telah melebur dengan budaya bande dessinee atau komik Perancis-Belgia.

Sebuah survei yang dilakukan pada 2006-2007 di 4 nagara Eropa menemukaan bahwa 15 persen responden mulai membaca manga sebelum usia 10 tahun, 45 persen membaca pada usia 10-14 tahun, dan 29 persen membacanya saat usia sekolah menengah.

Di usia remaja itu adalah waktu yang penting untuk pembentukan identitas.

Lalu, apa sajakah anime yang populer di dunia dan mana yang menjadi favoritmu? Melansir The Top Tens, berikut Kompas.com merangkum 5 daftar anime populer dunia:

Death Note

Posisi pertama ada Death Note karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata. Cerita anime ini adalah tentang Light Yagami, seorang siswa sekolah menengah yang menjanjikan dan calon detektif yang menonjolkan "keadilan" yang kuat.

Dragon Ball Z

Posisi kedua diisi oleh Dragon Ball Z, anime Jepang dalam serial televisi yang diproduksi oleh Toei Animation.

Dragon Ball Z mengikuti petualangan Goku yang, bersama dengan Z Warriors, melawan kejahatan di muka Bumi.

Anime ini berisi tentang aksi petualangan yang menghibur dan memperkuat konsep kebaikan versus kejahatan. Dragon Ball Z mengajarkan nilai karakter yang berharga seperti kerja tim, loyalitas, dan dapat dipercaya.

Attack on Titan

Anime terpopuler di posisi ketiga adalah Attack on Titan atau dalam bahasa Jepang disebut Shingeki no Kyojin dalam bahasa Jepang, yang dibuat oleh Hajime Isayama.

Serial manga Attack on Titan di majalah bulanan "Bessatsu Shonen Magazine" dirilis dari September 2009 hingga April 2021, dengan 34 volume.

Kemudian, versi serial tv pertama kali dirilis di Jepang dengan 25 episode dalam musim pertama pada 2013. Diikuti 12 episode di musim kedua yang disiarkan pada April-Juni 2017.

Lalu, serial tv Jepang tersebut disulihsuarakan dalam bahasa Inggris untuk ditonton di Amerika pada 2014.

Serial tv versi bahasa Inggris itu mendulang popularitas, yang disebutkan karena momen emosional, latar apokaliptik, alur cerita dramatisnya, serta adegan penuh aksi.

Naruto

Di posisi keempat ada Naruto yang yang berasal dari manga karya Masashi Kishimoto.

Manga ini kemudian diadaptasi menjadi anime televisi, yang diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex. Serial anime ini tayangkan perdana di seluruh Jepang di TV terestrial Tokyo dan stasiun Jaringan TX lainnya pada 3 Oktober 2002.

Seri pertama berlangsung 220 episode. Lalu, "Naruto: Shippuden", sekuel dari seri aslinya, telah ditayangkan sejak 15 Februari 2007.

Selain itu untuk serial anime, Studio Pierrot telah mengembangkan 11 film dan beberapa animasi video asli.

One Piece

Peringkat kelima adalah One Piece, franchise manga yang dibuat oleh Eiichiro Oda.

Manga One Piece ini telah diadaptasi menjadi animasi video asli (OVA) yang diproduksi oleh Production IG pada 1998.

Kemudian, serial anime One Piece diproduksi oleh Toei Animation, yang mulai disiarkan di Jepang pada 1999 dan telah menayangkan 851 episode hingga saat ini.

Pokemon

Menurut The Top Tens, Pokemon berada di urutan ke-13.

Pokemon adalah nama singkatan dari judul Jepang, "Pocket Monsters" atau "Poketto Monsuta", karya Satoshi Tajiri.

"Pokémon: The Series", adalah serial televisi anime Jepang, yang telah diadaptasi untuk pasar televisi internasional. Anime Pokemen memiliki 809 spesies fiksi yang muncul dalam serial Pokemon.

Serial anime Pokemon pertama kali disiarkan di Jepang pada 1 April 1997, dan disiarkan di Amerika Serikat pada 8 September 1998.

Statistik di dunia

Sementara, melansir diamondlobby.com, statistik popularitas anime di 81 dari 187 negara menunjukkan bahwa Naruto menempati urutan teratas dengan presentase 43,3 persen, disusul oleh Pokemon 18,2 persen.

Disebutkan bahwa Diamond Lobby mendapatkan angka itu dari volume pencarian Google dan Google Trends sebagai alat ukur popularitas. Data diukumpulkan pada Juni 2021.

Di Amerika Utara dan Selatan, Naruto populer 48,57 persen dan Pokemon 31,42 persen. Disusul urutan ke-3 Attack on Titan 11,42 persen.

Di Eropa, Naruto populer 41,86 persen, Pokemon 23,26 persen, sementara Attack on Titan 18,60 persen.

Di Asia, Attack on Titan menempati popularitas tertinggi dengan 39,13 persen, disusul Naruto 28,26 persen, dan One Piece 15,21 persen.

Sementara Pokemon berada di posisi ke-5 dengan 4,34 persen dan Death Note, berada di posisi ke-6 dengan 2,17 persen.

Di Afrika, Naruto populer dengan 58,82 persen, One Piece 17,64 persen, dan Attack on Titan 11,76 persen. Pokemen di posisi ke-4 dengan 7,84 persen.

Di Oseania, Pokemen mendominasi dengan 63,63 persen, disusul Naruto 18,18 persen, Attack on Titan di posisi ke-3 dengan 9,09 persen.

https://internasional.kompas.com/read/2021/07/31/093611370/anime-jepang-yang-paling-populer-di-dunia-apa-favoritmu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke