Salin Artikel

5 Tambahan Waktu Terlama di Sepak Bola, Ada yang Sampai 45 Menit

Biasanya karena ada pemain yang cedera serius dan butuh perawatan langsung di tengah lapangan, atau akibat kerusuhan penonton sehingga laga harus dihentikan sementara.

Namun tahukah kamu, ada sebuah pertandingan yang tambahan waktunya sampai 45 menit?

Laga "tiga babak" itu pernah terjadi di Football League Inggris dan menjadi tambahan waktu terlama di sepak bola.

Selain itu, ada juga tambahan waktu hampir setengah jam atau belasan menit seperti di big match Arsenal vs Liverpool musim 2010/2011.

Berikut adalah lima pertandingan dengan tambahan waktu terlama di sepak bola profesional.

1. 45 menit: Sunderland vs Derby County (1 September 1894)

Peristiwa unik terjadi di laga pembuka divisi satu Football League Inggris 1894/1895, karena wasit telat datang yang membuat pertandingan berlangsung tiga babak.

Saat itu wasit R Kirkham dari Darwen ditunjuk menjadi pengadil lapangan di laga Sunderland vs Derby County, tetapi dia tak bisa datang tepat waktu.

Pertandingan berlangsung pukul 15.30 waktu setempat, dan Kirkham mengirim telegram ke panitia pelaksana (panpel) bahwa dia baru bisa tiba sekitar pukul 17.00.

Dilansir dari footballsite.co.uk, 9.000 penonton sudah memenuhi stadion dan panpel tidak mau membuat mereka maupun pemain kedua klub menunggu terlalu lama.

Akan tetapi mencari wasit pengganti juga menjadi dilema, karena komite liga belum tentu mau mengakui pertandingan jika itu dilakukan.

Akhirnya kedua klub mengajukan protes, lalu panpel sepakat menunjuk wasit pengganti dan menyerahkan keputusan akhir pada komite liga, entah mau mengesahkannya atau tidak.

Wasit pengganti memimpin laga selama 45 menit babak pertama. Sunderland unggul dengan skor 3-0.

Masalah terjadi lagi saat turun minum, karena wasit utama datang dan meminta pertandingan berjalan 90 menit di bawah kepemimpinannya agar sah.

Derby yang tertinggal 3 gol jelas setuju, dan Sunderland tak bisa berbuat banyak karena terbentur regulasi. Keunggulan tiga margin mereka pun dihanguskan wasit Kirkham.

Meski demikian hasil akhir tetap memihak Sunderland bahkan lebih telak. Mereka menang 8-0 dalam pertandingan yang total berlangsung 2 jam 15 menit.

Pada akhir musim Sunderland jadi juara, dan Derby finis di posisi dua terbawah lalu degradasi.

2. 23 menit: Bristol City vs Brentford (12 Desember 2000)

Saat Brentford bertandang ke markas Bristol City dalam lanjutan laga Divisi 2 Football League Inggris 2000/2001, tambahan waktu berlangsung 23 menit karena ada pemain cedera parah.

The Guardian mewartakan, penyerang Brentford, Lloyd Owusu, patah kaki dan dislokasi bahu. Ia sampai pingsan dan ambulans dipanggil masuk ke lapangan.

Ofisial keempat awalnya memberi waktu tambahan 13 menit, tapi ada salah satu cedera pemain yang terjadi di periode itu sehingga bertambah jadi 23 menit.

Hasil akhir Brentford menang dengan skor 2-1.

3. 15 menit: PAOK vs Olympiakos (16 April 2014)

Kerusuhan suporter terjadi di semifinal Piala Yunani 2013/2014, yang mempertemukan PAOK Thessaloniki dengan Olympiakos Piraeus.

Tensi bahkan sudah panas saat pemain kedua kesebelasan masuk lapangan. Suporter tuan rumah menyalakan bom asap dan melempar benda-benda ke arah pemain tim tamu serta bangku cadangannya.

Wasit kemudian memerintahkan kedua tim masuk lagi ke ruang ganti sampai situasi aman, menurut laporan dari Independent dan Greek Reporter.

Pertandingan leg kedua akhirnya dilanjutkan dan PAOK menang 1-0. Mereka berhak melaju ke final karena unggul gol tandang, usai di leg pertama kalah 1-2.

Jelang akhir laga wasit memberikan tambahan waktu 15 menit, karena selama babak kedua banyak perkelahian pemain, bahkan PAOK dan Olympiakos sama-sama mengakhiri laga dengan 10 pemain.

Setelah pertandingan usai, suporter PAOK menyerang para penggawa Olympiakos sampai mengejarnya ke lorong pemain. Giannis Maniatis dan Nelson Valdez dilaporkan terluka akibat penyerangan itu.

Di final PAOK dibabat Panathinaikos dengan skor 4-1. Markus Berg mencetak hat-trick.

4. 12 menit 58 detik: Arsenal vs West Ham United (23 Januari 2013)

Menurut Sportskeeda, ini adalah tambahan waktu terlama yang pernah dijalani Arsenal selama era Premier League.

Menjamu West Ham pada musim 2012/2013, pertandingan ini berlangsung 102 menit 58 detik yang berakhir untuk kemenangan tuan rumah 5-1.

Wasit sempat menghentikan laga selama hampir 11 menit karena pemain pengganti West Ham, Daniel Potts, cedera parah akibat pelanggaran Bacary Sagna. Potts akhirnya dilarikan ke rumah sakit.

Potts cedera pada menit ke-70, dan pertandingan berlanjut menit ke-81.

5. 12 menit 30 detik: Arsenal vs Liverpool (17 April 2011)

Sebelumnya Arsenal juga pernah menjalani tambahan waktu yang panjang, sampai 12 menit lebih ketika menjamu Liverpool.

Pertandingan yang berakhir sama kuat 1-1 ini berlangsung dramatis karena dua gol terjadi saat injury time.

Arsenal unggul lebih dulu saat Robin van Persie mengonversi penalti hasil pelanggaran Jay Spearing terhadap Fabregas pada menit ke-98.

Namun kemenangan The Gunners sirna di depan mata, akibat empat menit berselang Emmanuel Eboue melanggar Lucas Leiva di kotak terlarang.

Dirk Kuyt yang maju sebagai eksekutor menunaikan tugasnya dan membuat The Reds menyamakan kedudukan.

Pertandingan Liga Primer Inggris musim 2010/2011 ini mencatatkan tambahan waktu 13 menit, salah satunya karena bek Liverpool, Jamie Carragher, cedera dan harus dirawat di babak kedua, dalam laporan pertandingan dari BBC.

https://internasional.kompas.com/read/2021/07/11/161249270/5-tambahan-waktu-terlama-di-sepak-bola-ada-yang-sampai-45-menit

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke