Salin Artikel

Kenapa AS Dijuluki Negeri Paman Sam?

KOMPAS.com – Sebagaimana diketahui banyak orang, Amerika Serikat (AS) mendapat julukan sebagai "Negeri Uncle Sam" alias "Negeri Paman Sam".

Lantas kenapa AS dijuliki Negeri Paman Sam? Cerita bermula pada Perang 1812, sebuah konflik militer antara AS yang berusia seumur jagung melawan Inggris.

Kala itu, seorang pengepak daging bernama Samuel Wilson dipercaya memasok daging untuk kebutuhan tentara Angkatan Darat AS di medan perang.

Dalam menyuplai daging-daging itu, Wilson dari Troy, New York, menyetempel tong-tong dagingnya dengan tulisan “US” sebagimana dilansir History.

Para tentara kala itu tidak mengetahui apa arti “US” di stempel tong-tong daging itu. Padahal itu merupakan singkatan untuk United States.

Karena tidak mengetahui singkatan yang sebenarnya dari “US”, mereka mengira singkatan itu adalah “Uncle Sam” alias “Paman Sam”.

Cerita tersebut lantas diterbitkan oleh surat kabar lokal hingga akhirnya “Uncle Sam” alias “Paman Sam” diterima oleh khalayak luas sebagai julukan untuk pemerintah federal AS.

Pada akhir 1860-an hingga 1870-an, seorang kartunis politik Thomas Nast mulai mempopulerkan kartun “Paman Sam”.

Dalam kartun buatan Nast, “Paman Sam” digambarkan sebagai pria berjanggut putih serta mengenakan setelan bintang-dan-garis.

Nast juga merupakan tokoh yang mempopulerkan kartun keledai sebagai simbol untuk Partai Demokrat dan kartun gajah sebagai simbol untuk Partai Republik.

Selain Nast, seniman lain yang membuat kartun “Paman Sam” adalah James Montgomery Flagg.

Dalam versi Flagg, “Paman Sam” digambarkan sebagai pria yang memakai topi tinggi dan jaket biru dengan jari menunjuk lurus ke depan.

Selama Perang Dunia I, kartun “Paman Sam” buatan Flagg ditambah tulisan “I Want You For The US Army” dan digunakan sebagai poster untuk merekrut tentara Angkatan Darat AS.

Poster tersebut menjadi sangat terkenal di AS. Hingga akhirnya, kartun “Paman Sam” buatan Flagg direporduksi ulang dengan tulisan-tulisan berbeda di bawahnya.

https://internasional.kompas.com/read/2021/07/05/110426470/kenapa-as-dijuluki-negeri-paman-sam

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.