Salin Artikel

Inspirasi Energi: G7 Kembali Berkomitmen untuk Energi Bersih

KOMPAS.com – Pada Minggu (13/6/2021), G7 kembali berkomitmen untuk bekerja sama dalam mencegah perubahan iklim.

Kelompok yang berisi tujuh negara yang perekonomiannya maju tersebut bertujuan untuk mengurangi hampir separuh dari emisi gas rumah kaca mereka pada 2030.

Ketujuh negara anggota G7 adalah Amerika Serikat (AS), Inggris, Kanada, Perancis, Jerman, Italia, dan Jepang.

Selain itu, mereka juga akan memenuhi janji dalam membantu negara-negara berkembang beralih ke energi yang lebih bersih sebagaimana dilansir Market Watch.

Kelompok itu mengatakan, akan menggelontorkan 100 miliar dolar AS yang sebelumnya dijanjikan untuk negara-negara berkembang dalam mempercepat transisi ke energi terbarukan.

Di antara ketujuh negara tersebut, hanya ada dua negara yang bersumpah untuk meningkatkan bantuan mereka kepada negara-negara miskin.

Kedua negara tersebut adalah Kanada dan Jerman. Kanada akan menggandakan janji pendanaan pencegahan perubahan iklimnya menjadi 4,4 miliar dollar AS selama lima tahun ke depan.

Sementara Jerman akan meningkatkannya pendanaan sebesar dari 2 miliar euro menjadi 6 miliar euro per tahun paling lambat pada 2025.

“Negara-negara G7 menyumbang 20 persen dari emisi karbon global, dan jelas bahwa tindakan harus dimulai dari kami,” kata Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Ketujuh pemimpin itu sepakat bahwa tahun 2021 harus menjadi titik balik bagi planet Bumi.

Mereka juga berjanji untuk mempercepat upaya mengurangi emisi gas rumah kaca dan menjaga ambang pemanasan global tidak melampaui 1,5 derajat Celcius sejak Revolusi Industri.

Para pemimpin G7 juga merencanakan langkah-langkah untuk menghentikan operasional mobil berbahan bakar minyak.

Namun, rincian dari rencana tersebut masih belum jelas.

Anggota G7 juga berjanji memangkas hampir separuh emisi gas rumah kaca mereka pada 2030 dibandingkan dengan emisi yang mereka produksi pada 2010.

Inggris berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 58 persen pada 2030 dibandingkan dengan tahun 2010.

AS berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kacanya sebesar 50 persen pada 2030 dibandingkan 2005.

Sedangkan Uni Eropa berjanji untuk mengurangi emisi gas rumah kaca setidaknya 55 persen dibandingkan dengan tahun 1990.

Sekitar 450 investor menulis bahwa negara-negara yang memimpin pencegahan perubahan iklim akan menjadi tujuan investasi yang semakin menarik.

Di sisi lain, para investor tersebut berpendapat, negara yang mengesampingkan pencegahan perubahan iklim akan mengalami kerugian.

Selain itu, para pemimpin G7 juga berkomitmen untuk mengakhiri dukungan langsung untuk pembangkit listrik tenaga batu bara di luar negeri pada akhir tahun ini.

Melalui sebuah komunike pasca-pertemuan puncak mereka di Inggris, mereka menegaskan janji untuk meningkatkan kontribusi keuangan guna mencegah perubahan iklim.

Komitmen tersebut mereka capai untuk mengurangi emisi yang berkontribusi terhadap perubahan iklim dan membantu bergerak menuju energi yang lebih bersih.

"Pembangkit listrik batu bara adalah kontributor terbesar emisi gas rumah kaca," kata G7 sebagaimana dilansir Reuters.

Kelompok itu juga prihatin bahwa investasi global yang berkelanjutan dalam pembangkit listrik tenaga batu bara masih belum berkurang.

"Kami menekankan bahwa investasi internasional dalam batu bara yang tidak berkurang harus dihentikan sekarang,” tulis G7.

“Sekarang kami berkomitmen untuk mengakhiri dukungan langsung pemerintah yang baru untuk pembangkit listrik batu bara internasional yang tidak berkurang pada akhir 2021," sambung G7.

Dalam pernyataannya, negara-negara tersebut juga berjanji untuk berfokus pada teknologi lain seperti teknologi penangkap karbon untuk membantu mempercepat transisi dari batu bara ke enegri bersih.

"Kami akan fokus pada percepatan kemajuan pada elektrifikasi dan baterai, hidrogen, penangkap karbon, penerbangan dan pelayaran nol emisi, serta bagi negara-negara yang memilih untuk menggunakannya, nuklir," ujar G7.

https://internasional.kompas.com/read/2021/06/14/140224970/inspirasi-energi-g7-kembali-berkomitmen-untuk-energi-bersih

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke