Salin Artikel

8 Penemuan Revolusioner Muslim dalam Sejarah Dunia, dari Kopi hingga Aljabar

KOMPAS.com - Matematika, ilmu kedokteran, filsafat, teknik, dan juga makanan yang berkembang saat ini, mungkin telah kamu ketahui sebagian dipengaruhi oleh para penemu Muslim.

Berikut 8 penemuan revolusioner Muslim dalam sejarah dunia yang menjadi akar perkembangan kehidupan saat ini, sebagaimana yang dilansir dari Have Halal Will Travel (HHWT):

1. Kedai kopi

Masyarakat modern kini banyak yang tidak bisa terlepas dari kopi. Pagi, siang, atau malam, menjadi minuman di kala begadang atau ngobrol cantik dengan teman membahas berbagai topik.

Tahukah kamu, budaya "ngopi" kita adalah warisan dari peradaban Muslim sejak lama?

Muslim di Yaman dan Turki memperkenalkan dan mempopulerkan minum kopi di masyarakat Muslim dan kemudian berkembang di dunia Barat.

Muslim Ottoman di Turki kuno yang pertama kali memelopori konsep kedai kopi, pendahulu dari apa yang kita kenal sebagai kafe.

Muslim Utsmaniyah pada waktu itu sudah terbiasa pergi sendiri atau dalam kelompok besar menikmati ngopi sambil membicarakan masalah politik, bertukar ide, atau sekadar mengobrol dengan teman.

Karena luasnya Kekaisaran Ottoman saat itu, tidak lama kemudian kedai kopi bermunculan di seluruh dunia Muslim, dari Istanbul hingga Kairo hingga Damaskus dan seterusnya.

Umat Muslim saat itu biasa minum kopi untuk membantu mereka tetap terjaga selama malam ibadah yang panjang.

Perdagangan antara Muslim dan Eropa menjadi media memperkenalkan kopi ke dunia Barat, di mana kopi segera menjadi kemewahan baru yang harus dimiliki oleh kelas atas pada saat itu.

Salah varian kopi yang kita kenal, Mocha, sebenarnya berasald ari kota pelabuhan Mocha di Yaman, tempat kopi pertama kali diekspor ke seluruh dunia pada abad ke-15.

2. Kamera

Kamera, salah satu benda penting bagi aktivitas manusia modern kini.

Tak terbayangkan, bila hidup tanpa kamera. Tidak bisa mendokumentasikan momen, budaya, atau benda menarik yang melintas saat itu dalam sebuah gambar yang bisa dibagikan.

Siapakah penemunya? Ialah Al-Haytham, salah satu ilmuwan dan fisikawan terhebat sepanjang masa, pada 1011 Masehi.

Dia menemukan prinsip kamera dan membuat kamera pertama yang disebut kamera obscura, yang disebut juga kamera lubang jarum.

Karyanya yang paling berpengaruh hingga saat ini, The Book Of Optics, menjadi referensi bagi para ilmuwan dan penemu di seluruh dunia dalam menciptakan objek sehari-hari lainnya yang kita gunakan saat ini, termasuk kaca pembesar dan teleskop.

Dia tidak hanya merevolusi bidang optik, dia pada dasarnya membangun fondasi sains seperti yang kita kenal sekarang setelah memperkenalkan Metode Ilmiah kepada dunia.

3. Pesawat

Meskipun penemuan pesawat lebih sering dikaitkan dengan Wright bersaudara, tetapi menurut sejarah dunia, seorang pria Muslim bernama Abbas ibn Firnas, yang merupakan orang pertama menemukan mesin terbang.

Abbas ibn Firnas adalah seorang insinyur, dokter, penyair dan musisi yang ulung, tapi pencapaiannya yang paling mengesankan adalah menjadi manusia pertama yang pernah terbang.

Pada 875 Masehi, setelah bertahun-tahun mempelajari aeronautika, ia membangun mesin terbang yang belum sempurna yang terbuat dari kayu, sutra, dan bulu.

Meski sudah hampir berusia 70 tahun, dia membawa mesinnya ke atas menara Masjid Agung Cordoba dan melompat.

4. Taman

Sebelum pembangunan taman Versailles yang terkenal di dunia di Prancis, Muslimlah yang memelopori gagasan taman botani rekreasi yang penuh dengan flora dan fauna.

Rumah tangga Muslim berada zaman kuno sering kali memiliki taman bertembok di halaman dalam mereka, yang kemudian memunculkan perhatian dan pemikiran untuk menciptakan pemandangan alam yang indah.

Dimaksudkan sebagai cara untuk memberikan suasana rileks di dalam rumah dan juga merupakan simbol dari Taman Surga di akhirat.

Taman Alhambra yang indah di Granada mungkin salah satu taman terawat yang dibangun oleh Muslim yang masih ada sampai sekarang.

Kolam persegi panjang, semak-semak yang dipangkas dan bunga ungu, jingga, merah, muda, dan kuning hanyalah beberapa bentuk umum dari taman yang dibangun oleh umat Islam, dari Andalusia hingga Irak.

Saat ini, penduduk Kordoba, yang dahulu merupakan pusat Andalusia atau Muslim Spanyol, masih sangat bangga karena memiliki teras dan taman yang didekorasi dengan sangat indah.

5. Universitas

Saat wanita di umumnya dipandang rendah dan dilarang menerima pendidikan apa pun, seorang wanita Muslim dari Fez, Maroko, membangun universitas pertama di dunia, yaitu Universitas Al-Qarawiyyin.

Hingga saat ini, universitas tersebut masih berdiri dan berfungsi.

Menurut sejarah, pada 859 Masehi, seorang wanita Muslim bernama Fatima Al-Fihriya mendapatkan warisan yang cukup besar dari ayahnya yang seorang pengusaha.

Fatima kemudian menggunakan sebagian besar waktunya untuk pembangunan Universitas Al-Qarawiyyin, yang menjadi institusi akademisi pemberi gelar pertama di dunia.

Bahkan dinobatkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO.

Perpusatakaan dari Universitas Al-Qarawiyyin menjadi perpustakaan di dunia dan merupakan tempat penyimpanan bagi lebih dari 4000 manuskkuno, termasuk salinan Alquran dari abad ke-9.

Universitas Al-Qarawiyyin memiliki bangunan universitas dan masjid yang sejak awal sengaja dibangun berdampingan, mencerminkan keyakinan Muslim bahwa belajar ilmu akademik merupakan juga tindakan ibadah, wajib bagi Muslim.

"Barangsiapa mengikuti jalan untuk mencari ilmu, Allah membuat jalan Jannah mudah baginya," Nabi Muhammad SAW (Riyad ass Salihin).

6. Robot

Bertahun-tahun silam, Al Jazari dikenal sebagai bapak robotika. Ia seorang kepala Insinyur di salah satu istana dari dunia Islam.

Semua penemuannya berakar untuk memudahkan tugas manusia sehari hari. Dia adalah orang pertama yang memperkenalkan inovasi yang tak terhitung jumlahnya ke dalam bidang teknik mesin.

Dia menemukan pelayan mekanik yang menyajikan minuman, dan sekelompok musisi robot yang memainkan alat musik di atas perahu yang mengapung di danau istana, untuk menghibur para tamu.

Beragam jam inovatif juga menjadi penemuannya, jam kastil, jam lilin, jam air, hingga jam gajah.

Jam gajah adalah dekorasi jam setinggi 8 meter, yang menandai berlalunya setiap setengah jam. Jam itu dibawa oleh gajah di punggungnya.

Dekorasi jam gajah tersebut menggabungkan ornamen naga China, gajah India, dan burung phonix Mesir, dalam desainnya.

Replika dari jam gajah tersebut ada di Dubai dan Swiss.

7. Kincir angin

Kincir angin identik dengan negeri Belanda, tapi menurut catatan sejarah, kincir angin pertama kali ditemukan oleh umat Islam pada awal 634 Masehi.

Kincir angin pertama kali dibuat atas perintah Sayyidina Umar Al-Khattab, jyang saat itu menjadi Khalifah kedua dan akhirnya dibangun di oleh orang Persia.

Di gurun pasir Arabyang berdebu, angin merupakn sumber daya alam yang paling melimpah, jadi memiliki mesin yang dapat memanfaatkan tenaga angin sangat bermanfaat bagi umat Islam.

Dengan menggunakan kincir angin, mereka memanfaatkan kekuatan angin untuk menghasilkan tenaga untuk menyirami taman dan menggiling biji-bijian. Sistem itu kemudian yang sangat efisien merevolusi ekonomi pertanian.

Baru pada 500 tahun kemudian Eropa menyusul dan mulai membangun kincir angiin mereka sendiri, membangun desain dan sistem yang telah ditetapkan oleh Muslim.

8. Aljabar

Aljabar mungkin menjadi materi yang paling membuat pusing para pelajar, tapi aljabar mendasari penemuan gadget yang digunakan manusia sehari-hari.

Penemu pertamanya adalah ahli matematika Muslim bernama Muhammad Al-Khwarizmi.

Pada saat Baghdad menjadi pusat perkembangan ekonomi dan intelektual peradaban Islam, Muhammad Al-Khwarizmi adalah salah satu sarjana dan ahli matematika terkemuka di kota.

Istilah "aljabar" berasal dari frase arab "al-jabr" yang berarti restorasi, yang oleh Al-Khwarizmi disebut sebagai salah satu dari dua metode yang ia temukan untuk menyelesaikan persamaan kuadrat.

Al-Khwarizmi, paling terkenal sebagai penemu aljabar, tapi dia juga mmeberikan kontribusi signifikan dalam astronomi dan geografi.

Al-Khwarizmi dikenal teguh pula perihal etika dan sopan santun, yang dalam Islam tradisonaladalah dasar dari semua pendidikan.

Alkisah, ia pernah suatu ditanya tentang manusia, dia menjawab menggunakan persamaan berikut:

Jika seseorang memiliki etika dan sopan santun, maka dia sama dengan 1. Jika orang itu cantik, maka tambahkan 0, jadi 10.

Jika orang itu punya uang, tambahkan 0 lagi, jadi 100. Jika orang itu punya keluarga dan kerabat dan baik, maka tambahkan 0 lagi, jadi 1000.

Jika nomor 1 itu, yaitu etika dan sopan, tumbang, maka nilai orang itu hilang. Hanya tersisa angka nol, yang tidak ada nilainya sama sekali.

https://internasional.kompas.com/read/2021/04/22/092742470/8-penemuan-revolusioner-muslim-dalam-sejarah-dunia-dari-kopi-hingga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke