Salin Artikel

Kanada Tak Akan Sediakan Keamanan bagi Pangeran Harry dan Meghan Markle

Sejak kedatangannya di Kanada pada November 2019, Pangeran Harry dan Meghan selalu dikawal oleh Royal Canadian Mounted Police (RCMP).

Namun hal tersebut akan segera berakhir, seiring sejoli dari Sussex ini memutuskan keluar sebagai "anggota senior" Kerajaan Inggris mulai 31 Maret 2020.

Sebelumnya, RCMP memberi pengawalan atas perintah dari Polisi Metropolitan.

"Duke dan Duchess dari Sussex memilih ke Kanada sementara waktu, dan ini adalah situasi unik yang belum pernah dihadapi pemerintah Kanada," ungkap Menteri Keamanan Publik Kanada, Bill Blair, dikutip dari BBC Kamis (27/2/2020).

"RCMP telah terlibat dengan para pejabat Inggris sejak awal mengenai pertimbangan keamanan. Sebab Duke dan Duchess diakui sebagai Orang-orang yang Dilindungi Secara Internasional."

"Kanada memiliki kewajiban untuk memberikan bantuan keamanan berdasarkan kebutuhan," lanjut Blair.

Sementara itu Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau sudah berulang kali menghadapi pertanyaan tentang siapa yang akan membayar dan memberikan keamanan bagi Sang Pangeran dan istrinya.

"Bantuan keamanan akan berhenti dalam beberapa minggu mendatang, sesuai dengan perubahan status mereka," tulis pernyataan dari pihak Keamanan Publik Kanada, dikutip dari BBC.

Terkait hal ini, baik Polisi Metropolitan maupun juru bicara pasangan Harry-Meghan tidak ada yang mempermasalahkannya.

Rencana Harry-Meghan ke depan

Awal tahun ini Pangeran Harry dan Meghan Markle mengumumkan mereka akan mundur dari tugas Kerajaan Inggris, dan memilih hidup mandiri secara finansial.

Nantinya, orangtua dari Archie Harrison Mountbatten-Windsor ini tidak lagi menjalankan tugas-tugas kerajaan atas titah Ratu Inggris. Pengaturan ini akan ditinjau selama 12 bulan ke depan.

Rincian tentang bagaimana keputusan ini dijalankan, bakal diketahui beberapa hari mendatang setelah dilakukan pembicaraan Ratu Elizabeth II dengan bangsawan senior lainnya.

Suami-istri yang menikah pada 19 Mei 2018 tersebut telah mengindikasikan akan membagi waktu mereka di Inggris dan Amerika Utara.

Pangeran Harry dan Meghan sebelumnya pernah berucap mereka tidak nyaman dengan sorotan media yang mengarah ke mereka.

Pasangan yang menikah di St. George's Chapel di Windsor Castle ini berada di Kanada bersama putranya, Archie.

Januari lalu mereka sempat kembali sebentar ke Inggris, dan libur Natal selama enam minggu di Vancouver.

Ketika Pangeran Harry dan Meghan memutuskan pindah ke Kanada, yang ramai diperbincangkan adalah siapa dan bagaimana mereka membayar tagihan.

Sebab, waktu mereka di Kanada dihabiskan sebagai warga negara biasa.

Sebuah jajak pendapat publik yang dirilis Institut Nirlaba Angus Reid pada Januari, menunjukkan sebanyak 73 persen warga Kanada enggan iuran membayar biaya keamanan dan pengeluaran lain, terkait kepindahan Sang Duke dan Duchess ke negara dengan kode area +1 ini.

https://internasional.kompas.com/read/2020/02/28/16584231/kanada-tak-akan-sediakan-keamanan-bagi-pangeran-harry-dan-meghan-markle

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke