Salin Artikel

Kim Jong Un Habiskan Rp 6,8 Miliar demi Kuda Jantan Putih Asli Rusia

Seperti dilansir dari Fox News, Kim telah menghabiskan kurang lebih 500 ribu dollar AS atau setara dengan Rp 6,8 miliar.

Tahun lalu, negara ini telah membayar 75.509 dollar AS atau setara Rp 1,03 miliar hanya untuk mengimpor belasan kuda-kuda ras murni Rusia berdasarkan catatan yang ditinjau Reuters.

Berdasarkan pantauan terakhir, Korea Utara telah melakukan pembelian kuda terbesar pada 2015. Pemerintah rezim membayar sebanyak 192.204 dollar AS atau setara Rp 2,6 miliar untuk 61 ekor kuda jantan.

Korea Utara secara keseluruhan telah mengimpor setidaknya 138 ekor kuda jantan antara tahun 2010 sampai 2019 dan mengeluarkan biaya sebesar Rp 7,9 miliar.

Pembelian tersebut masih berlanjut di tengah-tengah usaha Pyongyang melanjutkan bantuan sanksi atas program misil nuklir.

Kim tertangkap kamera saat menunggangi seekor kuda jantan putih di hamparan padang salju di Pegunungan Suci Paektu. Fotonya beredar tahun lalu.

Militer Senior Korea Utara pun turut menemani Kim melintasi tempat bersejarah perang dengan kuda mereka.

Media negara tersebut sengaja memublikasikan foto Kim mengunggangi kuda untuk menunjukkan "kekuatan".

Foto itu juga dimaksudkan untuk menanam rasa percaya diri warga negara Korea Utara bahwa mereka memiliki seorang pemimpin yang kuat dan mampu memegang kuat atas kendali takdir.

https://internasional.kompas.com/read/2020/02/18/13382731/kim-jong-un-habiskan-rp-68-miliar-demi-kuda-jantan-putih-asli-rusia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke