Salin Artikel

Malaysia: Virus Corona Tak Akan Mengubah Kalian Jadi Zombie

Kabar itu terjadi setelah patogen yang pertama kali dilaporkan di Pasar Seafood Huanan di Wuhan, China, itu sudah membunuh 305 orang.

Kasus kematian terbaru dilaporkan di luar China, tepatnya diumumkan oleh pemerintah Filipina, di mana korban merupakan pria 44 tahun asal Wuhan.

Di tengah upaya Malaysia memerangi dan merawat korban virus corona, muncul rumor yang mengaitkan penyakit itu dengan zombie, dan membuat pemerintah angkat bicara.

Sanggahan itu diumumkan Kementerian Kesehatan Malaysia dalam kicauannya di Twitter, sebagaimana diwartakan kantor berita AFP Minggu (2/2/2020).

"Klaim bahwa orang yang terpapar virus itu bakal berperilaku sebagai zombie tidaklah benar. Pasien itu akan sembuh," tegas kementerian.

Kicauan itu juga meluruskan sejumlah kabar burung di media sosial mengenai jumlah orang yang terinfeksi atau meninggal di Negeri "Jiran".

Dalam pernyataan Kementerian Komunikasi dan Multimedia, aparat sudah menangkap setidaknya enam orang karena dianggap menyebarkan kabar palsu.

Dalam penangkapan terakhir yang terjadi Kamis pekan lalu (23/1/2020), seorang perempuan berusia 28 tahun ditangkap karena "menggunakan dunia maya secara sembarangan".

Jika terbukti bersalah, perempuan tersebut bisa didenda 50.000 ringgit, sekitar Rp 167,2 juta, atau dipenjara selama setahun, atau bahkan keduanya.

Hingga Minggu, jumlah orang yang terinfeksi virus corona di China mencapai 14.500, melebihi wabah Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS) pada 2002-2003.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) kemudian mengumumkan status darurat setelah lebih dari 20 negara di dunia mengonfirmasi kasus positif mereka yang terinfeksi.

https://internasional.kompas.com/read/2020/02/02/16244801/malaysia-virus-corona-tak-akan-mengubah-kalian-jadi-zombie

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.