Salin Artikel

Mahathir Siratkan Serahkan Kekuasaan ke Anwar Ibrahim Setelah KTT APEC 2020

Dalam wawancaranya dengan Reuters yang dirilis Rabu (11/12/2019), PM berusia 94 tahun itu menyatakan dia tidak berencana hingga KTT APEC dilangsungkan.

“Saya telah berjanji menyerahkan kekuasaan kepada Anwar dan saya akan memenuhi janji itu. Cuma saya menilai pergantiaan kepemimpinan sebelum APEC agak menganggu.” ucap PM berjuluk Dr M itu.

Mahathir mengatakan, Anwar Ibrahim yang harus menanggung jika ternyata rakyat Malaysia malah tidak menyukainya. "Yang pasti, saya akan menepati janji terlepas dari apa yang dituduhkan kepadanya," katanya.

Dia menuturkan telah mempersiapkan diri untuk mundur selepas KTT. Tapi, dia tak merinci kapankah dia akan mengumumkan pengunduran diri tersebut.

Saat ditanya apakah dia bakal mundur pada Desember 2020, politisi veteran itu menjawab bahwa publik akan segera tahu jika waktunya tiba.

Mahathir akan menjadi pemimpin pertama yang menjadi tuan rumah APEC sebanyak dua kali. Malaysia juga dipimpin Mahathir ketika menjadi tuan rumah APEC pada tahun 1998.

Tuduhan Seks Skandal Terbaru Anwar

Anwar Ibrahim, pemimpin Partai Keadilan Rakyat yang masuk dalam koalisi Pakatan Harapan baru-baru ini menghadapi tuduhan skandal seks yang dibantahnya dengan keras.

Mantan staf Anwar bernama Muhammad Yusoff Rawther menuduhnya sudah melakukan pelecehan seksual, dengan cara sodomi.

Anwar merespons dengan melaporkan Yusoff kepada Kepolisian Diraja Malaysia. Politisi 72 tahun itu menyebut fitnah itu upaya jelas untuk menjegalnya menduduki kursi perdana menteri.

Dia pantas untuk meradang. Sebab, dia sempat dua kali mendekam dalam penjara karena divonis melakukan sodomi.

Tak sedikit yang menaruh curiga, tuduhan terhadap Anwar adalah bagian dari sabotase internal yang dilakukan oleh orang dari partainya sendiri.

Sudah menjadi rahasia publik, Wakil Presiden PKR Azmin disebut adalah pilihan yang paling "sreg" bagi Mahathir untuk menduduki kursi PM Malaysia.

Dia juga pernah didera skandal pada pertengahan tahun ini, di mana ditunjukkan video pria mirip dirinya berhubungan seks dengan pria lain.

Azmin yang juga menjabat sebagai Menteri Ekonomi Malaysia itu melakukan bantahan bahwa dia merupakan pria di video tersebut.

Azmin, yang merupakan mantan orang kepercayaan Anwar, telah berkali-kali bersuara agar Mahathir menyelesaikan masa jabatannya penuh 5 tahun.

Pernyataannya dibaca sebagai upayanya untuk menjegal Anwar dan memberikannya lebih banyak amunisi untuk kelak menggantikan Mahathir.

https://internasional.kompas.com/read/2019/12/11/18560941/mahathir-siratkan-serahkan-kekuasaan-ke-anwar-ibrahim-setelah-ktt-apec

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke