Salin Artikel

Korea Utara Sebut Joe Biden "Anjing Gila", Begini Reaksi Trump

"Dia mungkin Tukang Tidur dan Lamban. Tetapi dia bukan anjing gila. Dia lebih baik dari itu," ujar Trump dalam kicauannya di Twitter.

Dia merespons kecaman yang dilontarkan oleh Korea Utara melalui media mereka, KCNA, kepada Joe Biden, dilaporkan AFP Minggu (17/11/2019).

Dalam editorial mereka, media pemerintah Korut itu menyebut Biden sudah berani memfitnah pemimpin tertinggi negara komunis itu.

"Anjing gila seperti Joe Biden bisa melukai orang banyak jika dilepaskan. Seharusnya dia dihajar sampai mati," kecam KCNA dalam editorialnya.

Tak jelas apa yang menyulut kemarahan Pyongyang. Namun kecaman itu terjadi setelah tim kampanye Biden merilis kritikan terhadap kebijakan luar negeri Trump.

"Diktator dan tiran dipuja, tetapi sekutu kami terpinggirkan." Begitu kalimat dalam iklan itu dengan menampilkan Trump serta Pemimpin Korut Kim Jong Un.

Kalimat itu muncul di tengah gambar Trump dan Kim berjabat tangan dalam pertemuan perdana mereka di Singapura, Juni 2018 lalu.

Mantan Wakil Presiden AS periode 2009-2017 itu mengecam Trump yang mengampuni mantan tentara yang dituduh melakukan kejahatan perang.

Di antaranya adalah eks serdadu Baret Hijau yang disebut membunuh terduga pembuat bom Taliban. Biden menyebut presiden 73 tahun itu mengkhianati hukum.

"Dia tidak layak untuk memimpin pasukan kami," jelas mantan Senator Delaware itu. Lebih lanjut, Trump mencoba berhubungan kembali dengan Kim.

"Hanya saya yang bisa membawamu ke tempat di mana engkau seharusnya berada. Bertindaklah cepat, capai kesepakatan. Sampai jumpa lagi," ujarnya.

Pembicaraan denuklirisasi antara Trump dan Kim Jong Un pada akhir Februari di Hanoi, Vietnam, berakhir tanpa keputusan apa pun.

Perundingan delegasi dua negara yang berlangsung di Swedia pada Oktober juga buntu, dengan Pyongyang menyebutnya "memuakkan".

Namun pada Minggu, Korut menyambut baik keputusan Washington untuk menunda latihan perang dengan militer Korea Selatan (Korsel).

Menteri Pertahanan Mark Esper menyatakannya sebagai "iktikad baik" terhadap Korea Utara.

https://internasional.kompas.com/read/2019/11/18/08310321/korea-utara-sebut-joe-biden-anjing-gila-begini-reaksi-trump

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke