Salin Artikel

Kakak Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Ditangkap di Suriah

Rasmiya Awad dibekuk di kota Azaz. "Dia ditemukan dalam kontainer ketika dilakukan penyerbuan," kata soerang sumber internal Ankara.

Dilansir Sky News dan Al Jazeera Senin (4/11/2019), kakak Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi disebut merupakan "tambang intelijen" bagi Turki.

Saat ini, fokus aparat adalah menggali informasi dengan menginterogasi perempuan 65 tahun itu, suaminya, menantu, beserta lima cucunya.

"Kami berharap bisa mendapat keterangan penting dari saudari Baghdadi mengenai cara kerja internal ISIS," terang pejabat itu.

Sebelumnya, Baghdadi diberitakan tewas dalam penyerbuan yang dilakukan pasukan khusus Amerika Serikat (AS) di Idlib, Suriah, pada 26 Oktober lalu.

Pemimpin kelompok ekstremis yang diyakini berusia 48 tahun itu tewas setelah mengaktifkan bom bunuh dirinya tatkala disudutkan di terowongan persembunyian.

Dalam konferensi pers Minggu (27/10/2019), Presiden AS Donald Trump mengumumkan tewasnya Pemimpin ISIS itu disertai dengan kronologinya.

Trump menyebut pria yang kepalanya dihargai 25 juta dollar AS, atau sekitar Rp 350 miliar, itu mati "laksana anjing dan pengecut".

Presiden 73 tahun itu kemudian mengklaim Abu Bakar al-Baghdadi "menjerit dan ketakutan" ketika dikejar. Klaim yang tidak diketahui oleh Pentagon.

Milisi Kurdi yang tergabung dalam Pasukan Demokratik Suriah (SDF) mengklaim mereka turut andil dengan mengamankan DNA dari celana dalamnya.

Jenazah Baghdadi dikabarkan dikubur di laut. Perlakuan yang sama juga diberikan kepada mendiang Pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, 2011 silam.

Adapun ISIS telah mengumumkan kematian Baghdadi, dan menunjuk sosok bernama Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi sebagai penggantinya.

https://internasional.kompas.com/read/2019/11/05/08151551/kakak-pemimpin-isis-abu-bakar-al-baghdadi-ditangkap-di-suriah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke