Salin Artikel

Trump: AS Sudah Tahu Pengganti Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi

"ISIS punya pemimpin baru. Kami tahu persis siapa dia," ujar Trump dalam kicauan di Twitter. Sepekan setelah Baghdadi tewas di persembunyiannya.

Pada Kamis (31/10/2019), kelompok ekstremis itu membenarkan kematian Abu Bakar al-Baghdadi, dan mengumumkan Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi sebagai pengganti.

Namun, sangat sedikit yang diketahui dari Hashimi, yang kemungkinan namanya juga adalah samaran, seperti dilansir AFP Jumat (1/11/2019).

Koordinator kontra-terorisme Kementerian Luar Negeri AS Nathan Sales mengaku tak bisa memberikan detil Hashimi saat dikonfirmasi awak media.

Yang bisa dia katakan hanyalah saat ini, AS tengah mencari tahu siapa Hashimi, perannya, dan dari kelompok mana dia sebelumnya berasal.

"Kami akan terus membuat kelompok itu menghadapi tekanan kontra-terorisme tanpa henti menggunakan semua kemampuan nasional kami," tegasnya.

"Kami akan menghapuskan grup ini, siapa pun yang diangkat menjadi pimpinan di dalamnya," lanjut Sales dalam pernyataan kepada pers.

Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi tewas dalam serangan yang dilakukan Pasukan Delta di desa Barisha, Idlib, Suriah, pada Minggu (27/10/2019).

Disebutkan Baghdadi tewas dengan mengaktifkan bom bunuh diri yang dibawanya ketika dikejar oleh anjing militer hingga ke ujung terowongan.

ISIS juga mengakui bahwa juru bicara sekaligus petinggi senior mereka, Abu Hassan al-Muhajir, tewas dalam serangan sehari setelah Baghdadi.

Baghdadi yang mengumumkan "kekhalifahan" pada 2014 di Mosul, Irak, disebut hendak menyelundupkan keluarganya ke Turki ketika diserang.

Lokasi mengenai persembunyian Baghdadi diungkap oleh Muhammad Ali Sajid al-Zobaie yang notabene adalah ipar, ketika diinterogasi Irak.

Identitas Baghdadi ditentukan setelah militer AS melakukan pemeriksaan DNA berbekal sampel ketika dia ditahan pada 2004 silam.

Setelah itu, Komandan Komando Pusat Kenneth McKenzie menerangkan, jenazah Baghdadi dikuburkan di laut sesuai dengan aturan konflik internasional.

https://internasional.kompas.com/read/2019/11/02/13561751/trump-as-sudah-tahu-pengganti-pemimpin-isis-abu-bakar-al-baghdadi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke