Salin Artikel

AS Rilis Foto Anjing Militer yang Kejar Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi

Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley mengatakan, anjing itu menunjukkan "pengabdian luar biasa" dalam operasi pasukan khusus AS Sabtu (26/10/2019).

Anjing militer itu disebut mengejar Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi hingga terpojok di ujung terowongan persembunyiannya di Suriah.

Namun hewan itu terluka setelah Baghdadi memutuskan meledakkan diri, merontokkan terowongan yang membuatnya terluka, dan menewaskan tiga anak.

Dilansir Sky News Senin (28/10/2019), Presiden AS Donald Trump merilis foto unit yang menemani Pasukan Delta dalam menyerbu Baghdadi di Twitter.

"Kami mengumumkan foto anjing menakjubkan ini yang melakukan PEKERJAAN HEBAT menangkap dan membunuh Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi," ujar Trump.

Namun dilansir AFP, Milley menyatakan anjing itu sudah pulih. "Dia kembali bertugas bersama dengan pawangnya," terang Milley.

Trump mengatakan, operasi itu menggunakan delapan helikopter, di mana anggota ISIS yang mengawal Baghdadi tertangkap dan terbunuh.

Sumber dari internal AS mengungkapkan, mereka melakukan pendalaman terkait lokasi persembunyian Baghdadi selama beberapa bulan sebelum operasi.

Anjing militer dilaporkan dibekali dengan perlindungan, dan mendapat tugas untuk mengendus peledak serta mengejar teroris.

Dalam konferensi pers Minggu (27/10/2019), Trump mengucapkan terima kasih kepada Rusia hingga Turki terkait penyerangan Baghdadi.

Sementara Kurdi Suriah menyatakan, operasi intelijen mereka telah menuntun Pasukan Delta itu dalam menemukan lokasi persembunyian Baghdadi.

https://internasional.kompas.com/read/2019/10/29/08555891/as-rilis-foto-anjing-militer-yang-kejar-pemimpin-isis-abu-bakar-al

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke