Salin Artikel

Selesaikan Ritual, Naruhito Resmi Dinobatkan Menjadi Kaisar Jepang

"Dengan ini, saya mengumumkan penobatan saya di dalam dan di luar negara," ucap Kaisar Naruhito didampingi oleh Permaisuri Masako.

Topan Hagibis yang kuat menghantam Jepang pada pekan lalu dengan puluhan korban tewas. Memaksa parade meriah penobatan ditiadakan.

Meski begitu seperti dilansir AFP Selasa (22/10/2019), acara penahbisan Naruhito sebagai Kaisar Jepang tetap digelar sesuai tradisi berusia 2.000 tahun.

Keluarga kekaisaran mengenakan jubah tebal ketika masuk ke Ruang Pinus, dengan perempuan memakai wig dengan hiasan emas di atasnya.

Kemudian di bagian tengah adalah dua pilar yang menyangga takhta ditutup gorden ungu, dan dibuka untuk menunjukkan Naruhito dan permaisurinya.

Kaisar Naruhito mengenakan jubah tembaga tebal dan topi baja hitam yang jarang terlihat. Sementara Permaisuri Masako memakai kimono berlapis.

Upacara itu dilakukan sebagian besar dalam keheningan, dengan ditemani suara gong dan drum terdengar. Sekitar 2.000 tamu, termasuk bangsawan, berdiri diiringi entakan drum.

Dalam pernyataannya, dia menuturkan bakal selalu mendoakan kebahagiaan rakyat Jepang dan dunia, serta bakal berdiri mendukung Jepang.

"Saya akan memenuhi tugas saya sebagai simbol Jepang dan persatuan dari seluruh rakyat Jepang," tutur kaisar berusia 59 tahun itu.

Sebagai tanggapan, Perdana Menteri Shinzo Abe menyatakan dia dan seluruh masyarakat Negeri "Sakura" bakal menghormati Kaisar Naruhito.

Setelah itu, dia berdiri, mengangkat tangan, dan berteriak Banzai! atau Panjang Umur Kaisar! sebanyak tiga kali diikuti kerabat yang hadir.

Naruhito secara resmi menjabat sebagai Kaisar ke-136 Jepang pada 1 Mei setelah ayahnya, Kaisar Akihito mengumumkan pengunduran diri.

Namun peralihan kekuasaan dari salah satu kerajaan tertua dunia itu tidak akan berhenti sebelum peran barunya diumumkan.

Di tengah duka akibat Topan Hagibis, pemerintah telah mengumumkan parade bakal ditangguhkan hingga 10 November. Namun ritual acara bakal tetap berlangsung.

Naruhito memulai upacara penobatan dengan "melaporkan" kepada dewa serta para leluhur. Mengenakan jubah putih sepanjang 60 sentimeter.

Kemudian serangkaian jamuan bakal digelar malam harinya bagi tamu mulai dari Pangeran Charles asal Inggris, hingga Perdana Menteri Korea Selatan Lee Nak-yon.

Selain itu, Tokyo juga mengumumkan lebih dari setengah juta terpidana bakal mendapat pengampunan sebagai bagian dari tradisi.

https://internasional.kompas.com/read/2019/10/22/14100961/selesaikan-ritual-naruhito-resmi-dinobatkan-menjadi-kaisar-jepang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke