Salin Artikel

Demi Hadapi Turki, Kurdi Bersekutu dengan Pasukan Pemerintah Suriah

Pengumuman itu menyusul keputusan mengejutkan Amerika Serikat (AS) dengan menarik 1.000 tentara dengan pertimbangan "situasi tak bisa dipertahankan" di kawasan.

"Kesepakatan telah dicapai dengan pemerintah Suriah dalam rangka mencegah dan menghadapi agresi ini," jelas Kurdi dilansir AFP Minggu (13/10/2019).

Selain menangkal masuknya Turki dan kelompok pemberontak yang didukungnya, langkah itu dibuat demi membebaskan wilayah lain seperti Afrin.

Nantinya, Damaskus bakal mengirimkan pasukan untuk menyokong Pasukan Demokratik Suriah (SDF) dengan Kurdi sebagai tulang punggungnya.

Ketua SDF Mazloum Abdi kepada Foreign Policy mengatakan, terdapat kompromi getir antara mereka dengan pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Dalam tulisannya seperti dikutip BBC, Abdi mengungkapkan bagaimana Kurdi tidak percaya dengan janji Assad maupun sekutunya, Rusia.

"Malah sejujurnya, sulit bagi kami percaya siapa pun. Namun jika diminta memilih antara kompromi dengan genosida rakyat kami, saya jelas memilih hidup rakyat," kata Abdi.

Dia melanjutkan, keputusan Presiden AS Donald Trump menarik pasukan dari Suriah diibaratkan sebagai "menusuk dari belakang".

Melalui Menteri Pertahanan Mark Esper, Washington menarik 1.000 tentara setelah melihat Turki sudah masuk terlalu jauh ke Suriah.

Dalam kicauannya di Twitter, Trump menyatakan adalah keputusan pintar AS memilih tidak terlibat dalam operasi militer Ankara di perbatasan.

Dampak dari serangan Turki dan sekutunya, otoritas Kurdi mengungkapkan ratusan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kabur dari penahanan.

Setidaknya sekitar 785 orang yang diduga berafiliasi dengan ISIS melarikan diri dari kamp Ain Issa menyusul pemboman dari Turki.

SDF mengatakan, mereka menjaga sekitar 12.000 anggota ISIS di tujuh penjara, dengan 4.000 di antaranya adalah warga asing.

Berdasarkan laporan Observatorium untuk HAM Suriah (SOHR), lebih dari 50 warga sipil dan 100 tentara Kurdi tewas oleh serangan Ankara.

https://internasional.kompas.com/read/2019/10/14/06134661/demi-hadapi-turki-kurdi-bersekutu-dengan-pasukan-pemerintah-suriah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke