Salin Artikel

Pengantin ISIS Shamima Begum Tidak Akan Diizinkan Pulang ke Inggris

Shamima memutuskan untuk bergabung dengan ISIS bersama dua temannya pada 2015 silam setelah kabur dari kampung halamannya di Bethnal Green.

Pada Februari lalu, pengantin ISIS yang kini berusia 19 tahun itu mengaku menyesal dan ingin pulang setelah ketiga anaknya meninggal di Suriah.

Tetapi, Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel dikutip Sky News Minggu (29/9/2019) menegaskan Shamima Begum tidak akan ke kampung halamannya.

"Tugas kami adalah memastikan negara ini aman. Kami tak bisa membiarkan orang yang hendak menyakiti negara ini masuk. Termasuk perempuan," ujar Patel kepada The Sun.

Patel menekankan, dalam pandangan keamanan maupun intelijen, dia tidak akan membiarkan siapa pun yang mendukung ISIS untuk masuk ke Inggris.

Dia menyatakan tidak berusaha "menurunkan" kebijakan luar negeri Inggris, yang pada dampaknya bakal membahayakan keselamatan warga.

Shamima Begum yang kini hidup di kamp pengungsian milik pasukan Kurdi di utara Suriah mengaku, kesehatan jiwanya memburuk sejak kematian tiga anaknya.

Dalam wawancaranya pekan lalu, dia menuturkan perannya selama ISIS menguasai sebagian Irak dan Suriah hanyalah "memproduksi bayi".

Begitu kabar soal Shamima muncul, mantan Menteri Dalam Negeri Sajid Javid mengumumkan untuk mencabut kewarganegaraannya.

Tiga anak Shamima itu merupakan buah hubungannya dengan Yagi Riedijk, anggota ISIS yang berasal dari Belanda. Dua di antaranya meninggal saat dia tinggal di kamp terakhir ISIS.

Aktivis penentang ISIS mempertanyakan klaimnya, di mana dikutip The Independent, mereka menyebut Shamima Begum adalah anggota polisi moral ISIS.

https://internasional.kompas.com/read/2019/09/30/10212261/pengantin-isis-shamima-begum-tidak-akan-diizinkan-pulang-ke-inggris

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke