Salin Artikel

Gadis 16 Tahun Ini Marahi Para Pemimpin Dunia, Ini Respons Trump di Twitter

Aktivis lingkungan Greta Thunberg berbicara dalam KTT Perubahan Iklim atas undangan dari Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Dalam kesempatan itu, gadis 16 tahun asal Swedia itu berpidato secara emosional. Bahkan, dia berani memarahi para pemimpin dunia di sana.

"Saat ini, kita berada di ambang kepunahan massal. Namun kalian malah membicarakan uang dan kisah dongeng pertumbuhan ekonomi," kata Greta Thunberg.

Dalam kicauannya di Twitter seperti diberitakan Sky News Selasa (24/9/2019), Trump mengunggah video yang memperlihatkan pidato Greta.

"Dia sepertinya adalah gadis muda yang sangat senang, menantikan masa depan yang indah dan bersinar. Sangat menyenangkan melihatnya," katanya.

Trump yang sebelumnya menyebut perubahan iklim sebagai hoaks, menghabiskan beberapa menit dalam KTT yang menjadi pusat dalam agenda Sidang Umum PBB.

Greta yang bertolak ke New York, markas besar PBB, menggunakan yacht, sempat terekam kamera menatap sinis Trump yang melewatinya.

Dalam pidatonya, Thunberg menuding para pemimpin dunia telah mengkhianati generasi muda karena gagal mengatasi masalah emisi gas rumah kaca, yang turut memicu terjadinya pemanasan global.

Greta mengeluhkan bagaimana para pemimpin dunia itu mendengar keluh kesah aktivis tentang situasi genting yang dunia sedang hadapi.

"Jika kalian memahami situasi namun tetap tidak bertindak, maka kalian adalah Iblis. Saya akan menolak untuk percaya dengan kalian," tegasnya.

https://internasional.kompas.com/read/2019/09/24/17384171/gadis-16-tahun-ini-marahi-para-pemimpin-dunia-ini-respons-trump-di

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke