Salin Artikel

Kim Jong Un Undang Trump ke Ibu Kota Korea Utara Pyongyang

Kabar itu dimunculkan harian Korea Selatan (Korsel) yang mengutip sumber diplomatik berdasarkan surat yang dikirimkan pada Agustus lalu.

Dalam surat yang dikirim di pekan ketiga Agustus, Kim Jong Un mengungkapkan dia "berkeinginan" menggelar pertemuan ketiga dengan Trump.

Harian JoongAng Ilbo dikutip Reuters via Asia One Senin (6/9/2019) mengungkapkan, Kim mengundang Trump untuk datang ke ibu kota Pyongyang.

Pada 9 Agustus lalu, Trump mengatakan dia mendapat "surat yang sangat indah" dari Kim. Namun, Washington tak menyebut apa isi suratnya.

Sejak Juni tahun lalu, Trump dan Kim memang bertemu sebanyak tiga kali untuk membahas solusi mengenai penghentian program nuklir dan rudal Korut.

Namun sejak pertemuan terakhir yang berlangsung di desa kepercayaan Panmunjom yang berlokasi di Zona Demiliterisasi, belum ada progres menggembirakan.

Pertemuan pertaam terjadi di Singapura pada Juni 2018. Kemudian perundingan kedua berlangsung di Hanoi, Vietnam, akhir Februari lalu.

Namun pertemuan kedua yang berlangsung selama dua hari berakhir tanpa menghasilkan keputusan maupun pernyataan dari kedua pemimpin.

Sebabnya, AS meminta supaya Korut melakukan denuklirisasi total yang bisa mereka verifikasi. Sementara Korut meminta AS mencabut sebagian sanksi.

Mereka kemudian bertemu kembali di Panmunjom pada 30 Juni yang memisahkan Korut dan Korsel di mana dua pemimpin sepakat melanjutkan agenda denuklirisasi.

Tetapi sejak pertemuan pada akhir Juni, Pyongyang melakukan beberapa kali uji coba senjata, di mana Korut menyebutnya peluncur roket besar.

Gedung Putih, Kementerian Luar Negeri, maupun misi Korut di PBB tidak segera merilis jawaban ketika awak media melakukan konfirmasi.

Sumber dari Kementerian Luar Negeri Korut seperti diberitakan KCNA menyatakan, "dialog positif" dua negara bisa terjadi beberapa pekan ke depan.

Sementara Trump menuturkan, dia siap untuk bertemu kembali dengan Kim Jong Un di suatu lokasi jika memungkinkan pada tahun ini.

Menteri Luar Negeri Korsel Kang Kyung-wha mengatakan, memang ada penjelasan detil mengenai surat antara Trump dan Kim. Tapi, dia enggan membeberkannya.

Kang menjelaskan, sangat sulit kemungkinan Trump dan Kim kembali bertemu jika tak didahului negosiasi dari para pejabat di level bawah.

"Demi kesuksesan pertemuan selanjutnya, tim di bawahnya harus bertemu dan melakukan diskusi awal mengenai hasil dari pertemuan," tegas Kang.

https://internasional.kompas.com/read/2019/09/16/21124111/kim-jong-un-undang-trump-ke-ibu-kota-korea-utara-pyongyang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.