Salin Artikel

BJ Habibie Meninggal, Mahathir Mohamad Sedih Kehilangan Teman Lamanya

Dalam akun Twitter-nya, PM berjuluk Dr M itu mengucapkan pernyataan dukacita kepada rakyat Indonesia atas kepergian mantan presiden berusia 83 tahun itu.

"Sesungguhnya pemergiannya (BJ Habibie) satu kehilangan besar. Semoga Allah mencucuri rahmat ke atas Rohnya. Al Fatihah," ujar Mahathir Mohamad dalam kicauannya.

Mantan presiden dengan nama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie itu menjabat pada periode 1998 hingga 1999, atau di periode pertama jabatan Mahathir.

Kepada awak media sesuai menghadiri acara makan malam dalam perayaan 35 tahun Universitas Binary seperti dikutip The Star, Mahathir mengaku sangat sedih.

"Dia adalah teman baik saya. Jadi saya merasa sangat sedih. Dia tentunya merasa sangat sakit. Saya belum menemuinya dalam waktu lama," katanya.

Selain PM berusia 94 tahun, ucapan belasungkawa juga datang dari Presiden Partai Keadilan Rakyat yang juga sekutu Mahathir, Anwar Ibrahim di media sosialnya.

"Menerima kabar duka dari Indonesia. Sahabat karib saya yang juga mantan presiden ke-3 BJ Habibie meninggal dunia pada hari ini (Rabu)," ujar Anwar.

Dalam statusnya di Facebook, Anwar mengungkapkan Habibie merupakan sosok yang dia anggap sebagai keluarga dan memahami penderitaannya setelah selesai dioperasi.

Dia memandang presiden kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, itu sebagai figur sederhana, bicaranya yang cerdas dan panjang. Tapi, Habibie bukanlah politisi biasa.

Anwar mengatakan, BJ Habibie berbicara dari keyakinan dan hati nurani. "Saya melihatnya sebagai keunikan dari pemimpin besar yang pastinya akan dirindukan," tuturnya.

Dia kemudian mengutip kalimat terkenal Habibie yang berbunyi "Kalau bukan anak bangsa ini yang membangun bangsanya, siapa lagi? Jangan saudara mengharapkan orang lain yang datang membangun bangsa kita".

"Semoga Allah SWT memberikan rahmat kepada roh almarhum dan menempatkannya di kalangan mereka yang beriman," Al-Fatihah," kata Wan Azizah di Facebook.

Putra Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengonfirmasi bahwa sang ayah meninggal dunia pukul 18.05 WIB. Dia mengapresiasi tim dokter yang sudah merawat ayahnya.

Thareq mengatakan, sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Kondisi Habibie memang sempat menurun belakangan ini. Perkembangan kondisi kesehatannya terus dipantau oleh 44 dokter yang tergabung dalam tim dokter kepresidenan.

https://internasional.kompas.com/read/2019/09/12/09174631/bj-habibie-meninggal-mahathir-mohamad-sedih-kehilangan-teman-lamanya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke