Salin Artikel

BJ Habibie Meninggal Dunia, Ini Ucapan Belasungkawa dari Australia dan Selandia Baru

Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan menuliskan ucapan dukacita melalui kicauan di Twitter setelah BJ Habibie meninggal pada Rabu petang (11/9/2019).

"Belasungkawa yang mendalam saya sampaikan atas meninggalnya mantan Presiden RI Bapak BJ Habibie," kata Quinlan di twit baik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.

Selain Quinlan, ucapan juga datang dari Duta Besar Selandia Baru Jonathan Austin yang menyebut mendiang mantan presiden asal Parepare sebagai sosok pemberani.

"Dengan berani, beliau mengizinkan rakyat Timor Timur menentukan masa depan mereka, dan menentukan langkah pertama mengembalikan Indonesia ke ranah demokrasi," ujarnya.

Putra Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengonfirmasi bahwa sang ayah meninggal dunia pukul 18.05 WIB. Dia mengapresiasi tim dokter yang sudah merawat ayahnya.

Thareq mengatakan, sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Kondisi Habibie memang sempat menurun belakangan ini. Perkembangan kondisi kesehatannya terus dipantau oleh 44 dokter yang tergabung dalam tim dokter kepresidenan.

Ada yang ahli jantung hingga otak. Pada tahun 2018 lalu, kondisi Habibie juga menurun karena kelelahan setelah melakukan kegiatan di berbagai kota di Indonesia.

Pada tahun yang sama, ia juga pernah dirawat di Jerman karena mengalami kebocoran klep jantung.

Akibat kebocoran tersebut, terjadi penumpukan air di paru-parunya hingga 1.5 liter, sehingga Habibie kesulitan untuk bernafas.

Presiden Joko Widodo mengutus tim dokter kepresidenan ke Jerman guna memantau kesehatan Habibie.

Dua tahun sebelumnya, yakni pada tahun 2016, Habibie juga sempat dirawat di rumah sakit RSPAD Gatot Subroto.

https://internasional.kompas.com/read/2019/09/11/20073021/bj-habibie-meninggal-dunia-ini-ucapan-belasungkawa-dari-australia-dan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke