Salin Artikel

Ukraina Bebaskan Terduga Saksi Kunci Jatuhnya Pesawat Malaysia Airlines MH17

Kiev menangkap Vladimir Tsemakh, yang dituduh sebagai separatis pro-Rusia Juni lalu. Tetapi dia dipercaya sebagai sosok di balik jatuhnya pesawat MH17.

Para politisi Eropa menyebutnya sebagai "pelaku utama", dan meminta Ukraina untuk menyeret Tsemakh supaya dia bisa memberikan kesaksian di pengadilan.

Hakim pengadilan banding Yury Sliva memutuskan untuk membebaskan Tsemakh, dan memperingatkannya dia tetap diinterogasi dan diminta tidak melarikan diri.

Tsemakh merupakan warga Ukraina yang diyakini bertanggung jawab atas pertahanan udara kelompok separatis Republik Rakyat Donetsk dekat Snizhne, timur Ukraina.

Dilansir AFP Kamis (5/9/2019), saat dia bertugas adalah tatkala pesawat Malaysia Airlines MH17 melintas dengan 298 orang, 283 penumpang dan 15 kru, tewas seluruhnya.

Meski keterlibatannya dalam insiden lima tahun lalu tak terkonfirmasi, 40 politisi Eropa meminta Presiden Volodymyr Zelensky memastikan dia hadir dalam interogasi Tim Investigasi Gabungan.

Baik media Rusia dan Ukraina memberitakan Kremlin meminta kepada Kiev supaya Tsemakh bisa diserahkan sebagai bagian dari program pertukaran tahanan.

Sejumlah tahanan Ukraina bernilai tinggi disebut bakal dibebaskan Rusia. Namun prosesnya terhambat setelah muncul kabar mereka dipindahkan ke Moskwa.

Anggota Parlemen Belanda Kati Piri mengatakan, permintaan Rusia supaya Ukraina menyerahkan Tsemakh disebut sebagai permintaa yang sangat aneh.

Pasalnya, terdapat kesan bahwa pemerintahan Negeri "Beruang Merah" berupaya menghalangi Tsemakh supaya dia tidak dihadirkan dalam sidang interogasi.

Sumber Ukraina menuturkan, pertukaran itu akan berlangsung "secepatnya" dengan kemungkinan pekan ini. Namun, dia menolak mengonfirmasi apakah Tsemakh ada di dalamnya.

Pesawat MH17 tengah terbang dengan rute dari Amsterdam, Belanda, ke Kuala Lumpur di Malaysia ketika jatuh karena ditembak rudal anti-pesawat BUK.

Penyelidik Belanda mengungkapkan proyektil itu berasal dari militer Rusia. Tepatnya adalah brigade rudal anti-pesawat ke-53 yang dibawa dari Region Kursk.

Bebasnya Tsemakh tak pelak menimbulkan kritik di Kiev, di mana jurnalis Petro Shuklinov menulis di Facebook bahwa Ukraina kini menjadi pembantu kejahatan MH17.

Sejumlah pakar memprediksi kebijakan tersebut bakal memberikan konsekuensi bagi upaya Presiden Zelensky yang tengah mendekatkan diri dengan Uni Eropa.

https://internasional.kompas.com/read/2019/09/05/21382291/ukraina-bebaskan-terduga-saksi-kunci-jatuhnya-pesawat-malaysia-airlines

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke