Salin Artikel

Paus Fransiskus Tunjuk Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo Jadi Kardinal

Monsignor (Mgr) Suharyo ditetapkan bersama 12 calon lainnya, dan diumumkan ketika Doa Malaikat Tuhan (Angelus) yang digelar pukul 12.00 siang waktu setempat.

Sekretaris Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Romo Adi Prasojo Pr kepada Kompas.com mengatakan, Paus Fransiskus bakal melantik Uskup Suharyo pada 5 Oktober di Vatikan.

Saat dihubungi, Romo Adi menjelaskan, Uskup Ignatius Suharyo menjadi kardinal ketiga yang pernah dimiliki Indonesia. Kardinal pertama adalah Justinus Darmojuwono.

Kardinal Justinus dilantik pada 1967 di sela pengabdiannya sebagai Uskup Agung Semarang periode 1963 sampai 1981. Kardinal kedua adalah Julius Darmaatmadja.

Julius Darmaatmadja yang ditunjuk sebagai kardinal pada 1994 sebelumnya merupakan pendahulu Mgr Ignatius Suharyo pada periode 1996 sampai 2010.

Romo Adi menuturkan, penunjukan Mgr Suharyo merupakan buah dari kepemimpinannya baik ketika di keuskupan maupun lingkup nasional.

"Sebab, Kardinal dipilih untuk melayani umat negara itu," terangnya.

Apalagi, jabatan Kardinal atau Pangeran Gereja merupakan posisi yang unik dan khas karena bisa dipilih atau pun memilih untuk menjabat sebagai Paus.

"Selain itu, penunjukan beliau juga menunjukkan pentingnya Indonesia di mata Vatikan. Terutama dalam konteks keberagaman dan toleransi," tutur Romo Adi.

Lebih lanjut selain Mgr Suharyo, Paus Fransiskus juga mengangkat dua rohaniawan Katolik yang berjasa untuk membantu para migran. Di antaranya Michael Fitzgerald.

Fitzgerald yang merupakan uskup agung dari Inggris merupakan mantan nuncio (duta) Vatikan di Mesir dan Liga Arab, serta pakar Hubungan Relasi Muslim-Kristen.

Diberitakan Associated Press via News1130, penunjukan 13 kardinal baru yang diumumkan di Basilika Santo Petrus terbilang mengejutkan.

Pasalnya, mereka yang ditunjuk Paus berasal dari negara berkembang atau pun miskin seperti Kuba, Kongo, hingga Guatemala.

Dilansir Catholic Herald, Paus Fransiskus sempat terlambat 25 menit untuk mengikuti Doa Angelus setelah terjebak di lift dan baru keluar setelah diselamatkan pemadam kebakaran.

https://internasional.kompas.com/read/2019/09/01/19241931/paus-fransiskus-tunjuk-uskup-agung-jakarta-mgr-ignatius-suharyo-jadi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke