Salin Artikel

Pasang Kamera Tersembunyi di Toilet Pesawat, Seorang Pria Malaysia Ditahan di AS

Lee Choon Ping yang berusia 50 tahun telah mengakui perbuatannya memasang kamera di dalam toilet pesawat United Airlines penerbangan dari San Diego, California menuju Houston, Texas, pada 5 Mei lalu.

Dia ditahan pada 7 Agustus lalu dan mengakui perbuatannya dalam persidangan pada Selasa (27/8/2019).

Hakim di Houston menjatuhkan hukuman penjara selama dua bulan kepada Lee, ditambah denda sebesar 6.000 dollar AS (sekitar Rp 85 juta).

Namun Departemen Kehakiman AS menyebut Lee bukan warga negara AS dan diperkirakan akan menghadapi proses pemindahan dan deportasi. Demikian diberitakan The Straits Times.

Sementara dilansir Malay Mail pada 12 Agustus, Lee menjadi orang pertama yang didakwa berdasarkan undang-undang video voyeurisme di Houston, Texas.

Menurut Houston Chronicle, tindakan pelanggaran memasang kamera tersembunyi itu dilakukan terdakwa saat penerbangan di atas wilayah maritim dan teritorial AS.

Kamera tersembunyi itu kemudian ditemukan oleh seorang wanita penumpang pesawat di dalam toilet kelas utama.

Lee dapat diidentifikasi setelah membandingkan rekaman video yang diperoleh dari kamera tersembunyi tersebut yang memperlihatkan pakaian yang dikenakan pelaku pemasang kamera.

Lee juga diketahui telah memasang kamera tersembunyi saat berada di bandara Houston dan San Diego.

Penyelidik federal mengatakan, meski wajah pelaku pemasang kamera tidak terlihat jelas, namun kombinasi pakaian dan perhiasan yang dikenakan menunjukkan kesamaan.

"Kamera tersembunyi itu tampak longgar dan wanita yang menemukannya sempat ragu apakah itu bagian dari pesawat dan merasa aneh," kata seorang agen khusus dari FBI.

"Wanita itu kemudian mengambil kamera itu dan menyerahkannya ke awak pesawat setelah keluar dari toilet," tambahnya.

Kru kabin lantas mengirimkan kamera tersebut kepada otoritas bandara yang kemudian melanjutkan dengan melakukan pemeriksaan.

https://internasional.kompas.com/read/2019/08/28/23330601/pasang-kamera-tersembunyi-di-toilet-pesawat-seorang-pria-malaysia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.