Salin Artikel

Presiden Brasil Tuduh NGO sebagai Penyulut Kebakaran Hutan Amazon

Disajikan tsnpa bukti, komentar presiden sayap kanan itu menuai kemarahan dan menyulut kampanye lingkungan atas salah satu benteng dunia dalam melawan pemanasan global itu.

#PrayforAmazonas menjadi trending dengan jutaan netizen turut serta menyuarakan bahayanya kebakaran hutan di Amazon baik di Instagram maupun Facebook.

Dengan semakin meningkatnya kesadaran global, ucapan Bolsonaro itu tak hanya membahayakan pakta UE-Mercosur, namun juga mengecewakan tokoh agrikultur.

Di Facebook Live seperti dikutip Reuters dan BBC Rabu (21/8/2019), Bolsonaro mengatakan dia punya kesan bahwa peristiwa itu sudah diatur oleh NGO.

"Kejahatan sudah terjadi. Sebab yang mereka minta hanyalah uang," kata presiden yang mulai menjabat di Negeri "Samba" sejak 1 Januari 2019 ini.

"Apa tujuan mereka? Tidak lain adalah untuk memberikan masalah bagi pemerintahan Brasil," demikian komentar yang keluar dari presiden 64 tahun itu.

Ketika ditanya apa dia mempunyai bukti atas omongannya, Bolsonaro berkilah dia belum membuat "pernyataan tertulis", dan menambahkan "bukan begitu caranya".

Dia menuturkan pemerintahannya berupaya menanggulangi kebakaran hutan Amazon dengan Institut Nasional untuk Penelitian Angkasa (INPE) mencatat rekor tertinggi tahun ini.

INPE memaparkan hampir 73.000 kebakaran terjadi sepanjang Januari hingga Agustus 2019. Naik hingga 83 persen (39.759) dalam periode yang sama tahun lalu.

Pakar iklim serta lingkungan menanggapi ucapan Bolsonaro merupakan "jubah" untuk menutupi kelakuan pemerintahannya atas hutan hujan tropis tervesar dunia.

Pakar menyalahkan para petani yang tengah membakar lahan turut bertanggung jawab. "Ini komentar memuakkan," kata Marcio Astrini dari Greenpeace Brasil.

Bolsonaro yang dikenal skeptis soal lingkungan, sudah lama mewacanakan untuk membuka Amazon bagi kepentingan pertanian serta pertambangan.

Anggota Kongres Nilto Tatto, pemimpin kaukus majelis rendah, menyatakan "serangan" Bolsonaro kepada NGO adalah upaya untuk mengaburkan rezimnya selama 30 tahun dari perlindungan lingkungan.

https://internasional.kompas.com/read/2019/08/22/16035361/presiden-brasil-tuduh-ngo-sebagai-penyulut-kebakaran-hutan-amazon

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke