Salin Artikel

AS Hendak Jual Jet Tempur F-16 Terbaru ke Taiwan, China Ancam Berikan Sanksi

Dalam konferensi pers, Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang berujar mereka bakal mengambil langkah yang diperlukan untuk mengamankan kepentingan.

"Termasuk memberikan sanksi kepada perusahaan AS yang berpartisipasi dalam penjualan jet tempur F-16 kepada Taiwan," kata Geng dilansir AFP Rabu (21/8/2019).

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri AS mengumumkan mereka menyepakati penjualan jet tempur sebanyak 66 unit dengan nilai 8 miliar dollar, atau Rp 114 triliun.

Nantinya, Taiwan bakal mendapat varian terbaru F-16C/D Block 70/72. Pernyataan itu juga dibenarkan oleh Menteri Luar Negeri Mike Pompeo.

Lockheed Martin selaku pabrikan menyebut jet tempur F-16C/D Block 70/72 mencakup sistem avionik, senjata, hingga radar yang begitu canggih.

Lockheed menyebut jet tempur tersebut mempunyai struktur bodi yang kuat, sehingga bisa dipakai untuk bertempur hingga 2070 mendatang.

Rencana itu terjadi di tengah perang dagang antara China dan AS dengan ekonom menyatakan tak hanya merugikan mereka, namun juga dunia.

Dalam rilis resminya, Pompeo menerangkan dia sudah mendapat persetujuan dari Presiden Donald Trump setelah terlebih dahulu memberi tahu Kongres AS.

"Aksi kami sangat konsisten dengan kebijakan terdahulu. Sederhananya, kami mengikuti komitmen yang dibuat dengan semua pihak," ujar Pompeo.

Taipei melalui juru bicara kantor kepresidenan menanggapi dengan menuturkan penjualan itu bakal membantu mengamankan kemerdekaan rakyatnya.

Pembelian itu bakal memainkan peranan penting di Selat Taiwan, apalagi di tengah meningkatnya aksi militer Beijing dalam beberapa tahun terakhir.

China masih menganggap Taipei sebagai bagian dari wilayah mereka yang harus segera disatukan. Namun pulau yang memerintah secara mandiri itu bersekutu dengan AS.

Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan yang mengawasi penjualan senjata luar negeri berujar, pembelian F-16 tak akan mengubah keseimbangan militer dasar kawasan.

"Penawaran penjualan ini bakal menyediakan pertahanan baik di wilayah udara, keamanan regional, maupun kerja sama dengan AS," ujar badan itu.

https://internasional.kompas.com/read/2019/08/21/17304661/as-hendak-jual-jet-tempur-f-16-terbaru-ke-taiwan-china-ancam-berikan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke