Salin Artikel

Gibraltar Tolak Perintah AS Tahan Kapal Tanker Super Iran

Pemerintah setempat menjelaskan mereka tidak bisa meminta pengadilan memerintahkan penahanan karena sanksi Washington tak menjangkau Uni Eropa (UE).

"Sanksi UE terhadap Iran yang berlaku di Gibraltar jauh lebih sempit dari pada AS," demikian pernyataan pemerintah seperti diwartakan AFP Minggu (18/8/2019).

Duta Besar Iran untuk Inggris berujar di Twitter, kapal tanker super itu bakal bertolak Minggu malam waktu setempat dengan awak baru sudah didatangkan.

Hakim Gibraltar memerintahkan kapal Grace 1 untuk dibebaskan Kamis (15/8/2019) setelah ditahan menyusul dugaan menyelundupkan minyak ke Suriah, dan melanggar sanksi UE.

Namun pada Jumat (16/8/2019), Kementerian Kehakiman AS mengajukan permintaan penahanan setelah kapal menyusul dugaan pengiriman ilegal oleh Garda Revolusi Iran.

Penangkapan oleh Marinir Inggris dibantu polisi Gibraltar langsung memanaskan situasi dua negara dengan Teheran mengumumkan mereka menangkap kapal tanker Stena Impero sebagai balasan.

Washington mengatakan Grace 1, kini berubah menjadi Adrian Darya, merupakan target mereka karena dianggap sudah melanggar sanksi yang dijatuhkan.

Adapun tensi antara AS dan Iran begitu memanas sejak Presiden Donald Trump menarik diri dari perjanjian nuklir 2015 era pendahulunya, Barack Obama, pada tahun lalu.

https://internasional.kompas.com/read/2019/08/18/23124941/gibraltar-tolak-perintah-as-tahan-kapal-tanker-super-iran

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.