Salin Artikel

Korea Utara Lagi-lagi Tembakkan "Peluru" Jarak Pendek

Mengutip pejabat Kantor Kepala Staf Gabungan Korsel, peluncuran peluru asing itu merupakan yang ketiga dilakukan oleh Korut dalam delapan hari terakhir.

Dilansir Yonhap via AFP Jumat (2/8/2019), Korea Utara menembakkan peluru itu saat pagi buta di kawasan Yonghung, Provinsi Hamgyong Selatan, ke Laut Timur.

Ankit Panda, peneliti senior di Federation of American Scientists mengatakan, lokasi yang menjadi tempat peluncuran sebelumnya belum pernah digunakan.

"Tema lain dari rezim Kim Jong Un selain peluncuran malam hari: uji coba dari tempat yang sebelumnya tidak atau jarang digunakan," katanya dikutip BBC.

Sebelumnya pada Rabu (31/7/2019), Pyongyang juga diketahui meluncurkan dua rudal balistik jarak pendek yang terbang sejauh 250 km dan mencapai tinggi 30 km.

Korsel awalnya mengidentifikasi rudal itu merupakan tipe yang berbeda dari sebelumnya, Namun Korut kemudian menyanggah dan berkata itu adalah sistem roket terbaru.

Kemudian pada 25 Juli pekan lalu, Korut kembali menembakkan dua rudal balistik yang disebut bisa menempuh jarak hingga 690 km sebelum jatuh ke laut.

Negara komunis itu sudah menyatakan uji coba yang mereka lakukan adalah peringatan karena Korsel berencana melanjutkan agenda latihan perang dengan Amerika Serikat (AS).

Korut memandang latihan perang itu sebagai persiapan untuk perang dan menyebutnya "pelanggaran akan semangat" ketika Kim bertemu pertama kalinya dengan Presiden Donald Trump.

Pyongyang sudah memperingatkan bahwa rencana latihan perang itu bakal menyulitkan agenda denuklirisasi sejak kedua pemimpin bertemu pertama kalinya di Singapura tahun lalu.

Dalam pertemuan pertama itu, Kim sempat mengatakan dia berjanji tidak akan lagi menggelar uji coba senjata nuklir maupun rudal balistik antar-benua.

Merujuk kepada resolusi yang dikeluarkan oleh Dewan Keamanan PBB, Korea Utara dilarang untuk menembakkan senjata selevel rudal balistik hingga nuklir.

https://internasional.kompas.com/read/2019/08/02/07583151/korea-utara-lagi-lagi-tembakkan-peluru-jarak-pendek

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke