Salin Artikel

Kapal Militer China Kabur Usai Tabrak Kapal Kontainer Taiwan

Tidak ada korban jiwa maupun cedera yang dilaporkan dalam tabrakan kapal tersebut, namun pihak penjaga pantai mengatakan telah menerima panggilan telepon dari kru kapal kontainer, Yutai Number One, yang terlibat insiden.

Insiden tabrakan dilaporkan terjadi sekitar 20 mil laut atau 37 kilometer arah tenggara pelabuhan Liao Luo, di Pulau Quemoy yang dikuasai Taiwan.

Setelah insiden tabrakan, kapal perang China yang tak dikenal itu meminta kapal kontainer Taiwan untuk berlayar bersama ke pelabuhan Xiamen, di Provinsi Fujian di wilayah daratan, yang berjarak sekitar 40 kilometer dari lokasi kecelakaan.

"Pihak lain meminta (kapal Yutai Number One) untuk berlayar ke Xiamen untuk penyelidikan," kata petugas penjaga pantai Chen Jian-wen kepada media Taiwan.

"Saat itulah kru kapal kontainer menghubungi kami untuk mengirim kapal patroli dan menyelamatkan mereka," tambahnya.

Penjaga pantai Taiwan latas mengirim dua unit kapal patroli ke lokasi kejadian dan mendirikan pusat tanggapan. Biro Keamanan Nasional dan agen-agen lain di Taiwan juga diberi tahu.

Kapal-kapal patroli Taiwan mengadakan kontak radio dengan kapal perang China tepat sebelum tengah malam dan memintanya untuk berhenti serta melakukan kontak.

“Namun kapal militer itu mengatakan lambungnya rusak parah dan navigasinya terbatas. Mereka menolak untuk berhenti karena harus segera kembali ke pelabuhan Xiamen dengan alasan keamanan," kata Chen.

Karena keterbatasan jarak pandang serta kapal militer China yang terus berlayar, pihak penjaga pantai Taiwan tidak dapat melihat nomor identifikasi kapal militer tersebut.

Pihak penjaga pantai menjelaskan, kapal kontainer Taiwan sedang menuju kota Kaohsiung di selatan setelah memulai pelayaran dari pelabuhan Liao Luo.

Sementara kapal perang China diperkirakan berlayar dari daerah Dongshan di provinsi Fujian dan menuju ke arah timur laut.

Haluan kapal kontainer Taiwan dilaporkan bertabrakan dengan bagian lambung kapal perang China dan telah kembali ke pelabuhan Liao Luo untuk diperiksa.

Kecelakaan laut antara dua kapal itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara China dan Taiwan, yang dianggap Beijing masih sebagai bagian dari negara mereka.

Militer Cina saat ini sedang melakukan latihan di Selat Taiwan, termasuk latihan di lepas pantai Fujian.

https://internasional.kompas.com/read/2019/08/01/23432401/kapal-militer-china-kabur-usai-tabrak-kapal-kontainer-taiwan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.