Salin Artikel

Korea Utara Tembakkan "Peluru Tak Dikenal" ke Udara

Pernyataan itu diungkapkan pejabat Korea Selatan (Korsel) setelah Korut melontarkan peringatan atas rencana latihan perang Korsel dengan Amerika Serikat (AS).

Dilansir AFP Rabu (31/7/2019), pejabat dari Kantor Staf Gabungan Korsel berkata, peluru asing itu ditembakkan dari area Wonsan yang berlokasi di pesisir timur Korea Utara.

"Saat ini, kami masih belum bisa memberikan keterangan seberapa jauh benda itu terbang sembari menganalisis untuk menyiapkan langkah lanjutan," katanya.

Belum ada tanggapan resmi dari Korut. Kabar ini muncul enam hari setelah Pemimpin Kim Jong Un mengawasi langsung jalannya peluncuran rudal balistik.

Pengawasan itu muncul meski Kim sudah melangsungkan pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump di zona demiliterisasi Panmunjom pada Juni lalu.

Baik Korea Utara dan AS terlibat dalam proses diplomatik panjang soal penyerahan senjata nuklir dan rudal balistik di mana dua pemimpin bertemu dalam setahun terakhir.

Pyongyang terus menentang sanksi dan isolasi yang mereka dapatkan buntut program senjata yang dikembangkan. Meski begitu, mereka juga bisa menempatkan diri dalam negosiasi.

Kim dan Trump sepakat melanjutkan perundingan denuklirisasi ketika keduanya bertemu di Panmunjom bulan lalu. Namun, negosiasi itu masih belum terjadi.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo tidak membahas peluncuran peluru asing itu. Namun dia menyatakan perundingan bakal segera terjadi sebelum terlalu lama jedanya.

Harry Kazianis dari Center for the National Interest in Washington berujar, kabar peluncuran itu merupakan peringatan agar Korsel dan AS tak melakukan latihan perang.

Dia memprediksi Korea Utara bakal kembali melaksanakan uji coba senjata sebelum latihan dimulai Agustus mendatang, dan melakukannya lagi setelahnya.

"Pertanyaannya, apakah Kim berani melakukan uji coba rudal balistik antar-benua (ICBM), atau mungkin rudal jarak jauh, yang bisa menghantam AS?" kata Kazianis.

https://internasional.kompas.com/read/2019/07/31/06344281/korea-utara-tembakkan-peluru-tak-dikenal-ke-udara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke