Salin Artikel

Wakil Pemimpin Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar Pimpin Delegasi ke Indonesia

Diumumkan kelompok tersebut, pada Jumat (26/7/2019), kunjungan itu dalam rangka menghadiri Konferensi Ulama dan Cendekiawan Muslim yang akan dihadiri delegasi dari Afghanistan, Pakistan, dan Indonesia, di mana Jakarta akan menjadi tuan rumah agenda yang digelar akhir bulan ini.

Kepastian kehadiran delegasi Taliban dalam konferensi itu sebagai jawaban atas dukungan yang terus ditawarkan pemerintah dan para cendekiawan Islam dari Indonesia.

Disampaikan juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahed, melalui media sosial, bahwa delegasi yang beranggotakan delapan orang itu akan dipimpin langsung oleh Mullah Abdul Ghani Baradar dan telah berangkat pada Jumat lalu.

"Selama perjalanan ini pembicaraan akan diadakan di tengah hubungan politik yang baik antara kedua negara, perdamaian dan pentingnya kerja sama masa depan dengan Afghanistan," kata Mujahed, dikutip Anadolu Agency.

Sebelumnya, Direktur Jenderal untuk Asia, Pasifik, dan Afrika di Kementerian Luar Negeri Indonesia, Desra Percaya, telah berkunjung ke Kabul, pada awal bulan ini sehubungan dengan agenda konferensi yang akan digelar di Jakarta.

Menurut Dewan Keamanan Nasional Afghanistan, perwakilan pejabat itu telah membahas kemitraan Indonesia dalam proses perdamaian, konferensi Ulama, serta dialog perempuan Indonsesia, selama perjalanannya ke Kabul.

Sebelumnya di bulan Mei, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Lestari, juga telah bertemu dengan Baradar di Doha, ibu kota Qatar.

Di tengah upaya percepatan proses perdamaian yang baru lahir, perang terus berkecamuk dan merengut semakin banyak nyawa di Afghanistan, dengan perang antara pihak yang saling bertikai.

Upaya pembicaraan damai lain juga tengah diupayakan Amerika Serikat dengan Taliban, namun menuai kritikan dari pemerintah Afghanistan yang merasa tidak pernah dilibatkan dalam proses perdamaian.

Sementara itu dilaporkan, delegasi Taliban yang dipimpin Mullah Abdul Ghani Baradar tersebut telah tiba di Jakarta, pada Sabtu (27/7/2019).

https://internasional.kompas.com/read/2019/07/28/15325871/wakil-pemimpin-taliban-mullah-abdul-ghani-baradar-pimpin-delegasi-ke

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.