Salin Artikel

Erdogan Sebut Atas Izin Tuhan, Sistem Rudal S-400 Beroperasi April 2020

"Di musim semi yang akan datang, atas izin Tuhan di April 2020, kita akan bisa mengoperasikan sistem ini," kata Erdogan dalam pertemuan Partai AKP di Ankara dikutip AFP Jumat (26/7/2019).

Pembelian Turki atas S-400 dengan pengirimannya terjadi Juli ini menuai reaksi Amerika Serikat (AS) yang mengumumkan mengeluarkan Ankara dari program jet tempur F-35.

Erdogan menyatakan, dia tidak mempermasalahkan jika AS tidak menyerahkan jet tempur generasi kelima itu. Namun, dia menegaskan bakal mencari alternatif di tempat lain.

Mantan Perdana Menteri Turki itu mengancam ketegangan yang terjadi di antara dua negara juga bakal mengancam pesanan pabrikan pesawat Boeing seharga miliaran dollar.

Erdogan mengaku sudah membahas isu itu ketika bertemu dengan Presiden Donald Trump dalam agenda KTT yang berlangsung di Osaka, Jepang, akhir Juni lalu.

"Saya berkata kepada Trump di Osaka. Meski kami tidak membeli sistem rudal Patriot, kami membeli Boeing dan saya berkata bahwa kami adalah pembeli yang baik," katanya.

"Namun jika kondisinya terus seperti ini, maka kami harus mempertimbangkannya kembali (pemesanan Boeing)," ujar presiden berusia 65 tahun tersebut.

Perwakilan Turki dan AS dilaporkan tengah bertemu pada pekan ini dengan agenda membahas zona aman di Suriah demi mencegah bentrok antara Ankara dengan Kurdi.

Ankara memandang milisi dari Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) sebagai teroris. Namun AS menggandeng mereka dalam kampanye melawan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Erdogan menyebut bagaimana pun hasil pembicaraan untuk membuat zona aman di Suriah, pihaknya bertekad untuk menghancurkan "teroris" di koridor timur Eufrat.

https://internasional.kompas.com/read/2019/07/26/19582201/erdogan-sebut-atas-izin-tuhan-sistem-rudal-s-400-beroperasi-april-2020

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke