Salin Artikel

Belanda dan Belgia Catat Rekor Suhu Panas Tertinggi dalam Sejarah

David Dehenauw, Kepala Peramal Cuaca Institut Meteorologi Kerajaan Belgia (IRM) berkata, rekor tertinggi mereka tercatat 38,9 derajat Celsius.

Suhu panas itu tercatat di Pangkalan Militer Kleine-Brogel, sekitar 100 kilometer sebelah timur laut ibu kota Brussels, dan dekat dengan perbatasan Belanda.

Dilaporkan AFP Rabu (24/7/2019), dalam kicauannya, Dehenauw menjelaskan kali terakhir negara penghasil cokelat itu mengalami panas adalah 27 Juni 1947.

Diberitakan The Independent, saat itu suhu panas tercatat di Uccle dan mencapai 38,8 derajat Celsius. Namun, angka itu turun menjadi 36,6 derajat Celsius.

Koreksi itu terjadi setelah Belgia memasang alat pengukur suhu yang jauh lebih canggih serta akurat di institut pengamatan Uccle pada 1980 silam.

Sementara dari Institut Meteorologi Belanda, peneliti menyatakan rekor terpanas mereka dicatat di Gilze-Rijen yang berlokasi di kawasan selatan.

Angka yang terpampang adalah 38,8 derajat Celsius, dan mengalahkan rekor suhu panas berusia 75 tahun yang terjadi pada 1944 silam.

https://internasional.kompas.com/read/2019/07/24/21131801/belanda-dan-belgia-catat-rekor-suhu-panas-tertinggi-dalam-sejarah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke