Salin Artikel

Kapal Tanker Inggris yang Disita Iran Dituduh Tabrak Perahu Nelayan

Menurut Allah-Morad Afifipoor, Direktur Jenderal Provinsi dan Organisasi Maritim Hormozgan, kapal Stena Impero menabrak perahu nelayan ketika tengah melintas.

"Berdasarkan insiden, menurut peraturan, diperlukan adanya penyelidikan untuk mengetahui penyebab sebenarnya," ujar Afifipoor kepada AFP Sabtu (20/7/2019).

Afifipoor menuturkan, kapal tanker yang dimiliki perusahaan asal Swedia itu saat ini dibawa merapat ke Pelabuhan Bandar Abbas bersama 23 orang awak.

Sebanyak 18 orang kru di antaranya berkewarganegaraan India termasuk kapten kapal. Sementara sisanya berasal dari Filipina, Latvia, hingga Rusia.

Dia menjelaskan setelah ditabrak, perahu nelayan sebenarnya sudah berusaha menghubungi kapal tanker Stena Impero. Namun, tidak mendapatkan respons.

"Ketika kapal Inggris itu tidak memberikan jawaban, mereka segera menghubungi pelabuhan dan petugas maritim sesuai peraturan yang berlaku," ujar Afifipoor.

Sebelumnya Jumat (19/7/2019), Garda Revolusi Iran menyatakan menahan Stena Impero di Selat Hormuz karena melanggar "peraturan maritim internasional".

London kemudian mengungkapkan bahwa Teheran menyita dua kapal mereka. Namun salah satu kapal, Mesdar, mengonfirmasi pasukan Iran hanya singgah sebentar.

Setelah itu mereka diizinkan melanjutkan perjalanan dengan seluruh kru berada dalam keadaan selamat.

https://internasional.kompas.com/read/2019/07/20/19363341/kapal-tanker-inggris-yang-disita-iran-dituduh-tabrak-perahu-nelayan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke