Salin Artikel

Taliban Tutup Puluhan Fasilitas Kesehatan di Afghanistan

Para petugas medis dan rumah sakit kerap menjadi incaran, baik oleh pasukan Afghanistan maupun kelompok Taliban, yang terlibat konflik selama puluhan tahun di negara itu.

Terakhir, serangan yang dilancarkan pasukan keamanan Afghanistan di sebuah klinik pada pekan lalu telah menewaskan hingga empat orang.

Penutupan puluhan fasilitas kesehatan itu terjadi di provinsi Wardak, di barat Kabul, di mana Taliban dilaporkan telah menutup 42 dari 77 fasilitas kesehatan yang dikelola Komite Swedia untuk Afghanistan (SCA). Demikian menurut kelompok bantuan itu dalam sebuah pernyataan, yang dikutip AFP, Rabu (17/7/2019).

"Akibat dari aksi penutupan tersebut, diperkirakan sebanyak lebih dari 5.700 pasien akan terdampak setiap harinya," tulis pernyataan itu.

Sementara, direktur SCA Sonny Mansson mengatakan, tindakan penutupan fasilitas medis sebagai penyangkalan terhadap layanan kesehatan jelas merupakan pelanggaran hak asasi manusia dan hukum kemanusiaan internasional.

"Kami menuntut dibukanya kembali dengan segera semua fasilitas kesehatan bagi masyarakat. Dan kami sangat mendesak semua pihak yang terlibat dalam konflik untuk menahan diri dari tindakan seperti itu, yang dengan sengaja membahayakan nyawa warga sipil," tambahnya.

Taliban belum mengeluarkan pernyataan apa pun, tetapi para militan sebelumnya telah menutup klinik kesehatan dan melarang kampanye vaksinasi polio di daerah-daerah di bawah kendali mereka.

Di beberapa daerah, para pemberontak dan pemimpin agama memberi tahu masyarakat bahwa vaksin adalah konspirasi Barat yang bertujuan untuk mensterilkan anak-anak Muslim, atau bahwa program itu adalah bagi mata-mata pemerintah Barat atau Afghanistan.

Tahun lalu, Taliban memperingatkan Komite Palang Merah Internasional (ICRC) bahwa kelompok itu tidak akan lagi melindungi para pekerjanya.

Ancaman tersebut memaksa ICRC untuk secara signifikan mengurangi kegiatannya di Afghanistan.

https://internasional.kompas.com/read/2019/07/17/20302741/taliban-tutup-puluhan-fasilitas-kesehatan-di-afghanistan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke