Salin Artikel

Buntut Hinaan kepada Trump Bocor, Dubes Inggris Ini Mundur

Dalam surat pengunduran diri kepada Kementerian Luar Negeri Inggris, Darroch menyebut "sangat tidak mungkin" baginya mewakili kepentingan Inggris di AS.

Dilansir AFP Rabu (10/7/2019), sejak bocornya kabel diplomatik bahwa dia menyebut Trump "tak kompeten", terdapat spekulasi tentang masa kerjanya sebagai dubes.

"Saya ingin mengakhiri spekulasi itu. Situasi yang berkembang saat ini menjadi hal mustahil bagi saya untuk tetap mempertahankan jabatan saya," ulas Darroch.

"Saya percaya dalam situasi ini, kebijakan yang bisa dipertanggungjawabkan adalah mengangkat seorang duta besar baru," ulas diplomat senior itu.

Kepada parlemen sebelum pengumuman pengunduran diri Darroch muncul, Perdana Menteri Theresa May menyebut kritikan kepada diplomatnya itu tidak adil dan salah.

"Saya pikir dia sudah memberikan pelayanan yang terhormat serta baik. Seharusnya, kita mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya," tutur May.

Ketegangan itu muncul setelah Mail on Sunday merilis percakapan kabel diplomat Darroch ke London, yang memicu Trump melontarkan kecaman melalui Twitter.

Salah satu dari kawat diplomatik itu berisi ucapan Darroch bahwa pemerintahan Trump "disfungsional unik". Sementara kawat lain menyebut Trump "tidak layak".

Setelah kawat tersebut bocor, Trump merespons dengan menulis kicauan bahwa Darroch tidak memberikan pelayanan yang memuaskan kepada Negeri "Uncle Sam".

"Kami tidak akan berurusan lagi dengan dia," ujar presiden 73 tahun itu. Dia juga menyindir May dengan menyambut "kabar baik" pengunduran diri sang PM.

Presiden dari Partai Republik itu melanjutkan serangan pada Selasa (9/7/2019) dengan menyatakan Darroch sebagai "duta besar gila", serta "orang yang sangat bodoh".

Karena bocornya kawat diplomatik itu, nama dubes berumur 65 tahun tersebut langsung dicabut dari jamuan makan yang dihadiri Trump Senin waktu setempat (8/7/2019).

Dia juga tidak hadir dalam kunjungan Menteri Perdagangan Inggris Liam Fox di mana yang juga menggelar perbincangan dengan putri sekaligus penasihat Trump, Ivanka.

https://internasional.kompas.com/read/2019/07/10/19483471/buntut-hinaan-kepada-trump-bocor-dubes-inggris-ini-mundur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke