Salin Artikel

Kembali Kirim Pasukan, Uni Emirat Arab Bakal Kurangi Tentaranya di Yaman

Meski demikian, jumlah pasukan yang dikirim akan lebih sedikit dibandingkan sebelumnya, seiring dengan peralihan strategi dari "mengutamakan militer" menjadi "mengutamakan perdamaian".

UEA telah menjadi mitra kunci dalam koalisi militer pimpinan Arab Saudi di Yaman, yang mulai mengintervensi peperangan di negara itu pada 2015, untuk mendukung pemerintah Presiden Abedrabbo Mansour Hadi, yang diakui internasional, menghadapi pemberontak Houthi, yang didukung Iran.

"Kami memang menurunkan tingkat pasukan kami karena alasan strategis di (kota Laut Merah) Hodeidah dan alasan taktis di bagian lain negara itu," kata salah seorang pejabat senior UEA, yang tak ingin disebutkan identitasnya.

"Ini sangat berkaitan dengan perpindahan dari apa yang saya sebut strategi mengutamakan-militer ke strategi mengutamakan-perdamaian, dan inilah yang saya pikir akan kita lakukan," lanjutnya.

Pejabat itu juga menegaskan kembali komitmen UEA terhadap pemerintah Yaman dan koalisi pimpinan Saudi, mengatakan bahwa diskusi tentang pengiriman kembali telah berlangsung selama lebih dari satu tahun terakhir.

"Ini bukan keputusan di menit-menit terakhir. Ini adalah bagian dari proses dan tentu saha proses dalam koalisi yang telah dibahas secara luas dengan mitra kami, Saudi," ujar pejabat itu, dikutip AFP.

Sementara disampaikan juru bicara koalisi, Turki al-Maliki, baik UEA maupun Arab Saudi telah berkomitmen untuk mencapai tujuan mereka di Yaman.

"Uni Emirat Arab dan negara-negara di koalisi akan terus mencapai operasi dan tujuan strategis mereka," ujar al-Maliki dalam konferensi pers di Riyadh, menanggapi penempatan kembali pasukan UEA.

Menurut seorang pejabat pemerintah militer Yaman, pasukan UEA yang melawan kelompok Houthi telah berhasil mengosongkan sepenuhnya pangkalan militer di Khokha, sekitar 130 kilometer arah selatan Hodeida.

UEA menarik sebagian artileri beratnya dari Khokha, tetapi bersama dengan koalisi yang dipimpin Saudi dan pemerintah Yaman, masih mengawasi situasi militer di pantai barat Yaman.

https://internasional.kompas.com/read/2019/07/09/10010051/kembali-kirim-pasukan-uni-emirat-arab-bakal-kurangi-tentaranya-di-yaman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke