Salin Artikel

Anggota ISIS Pelaku Serangan Paris 2015 Dapat Ganti Rugi Rp 7 Juta

Salah Abdeslam menghadapi berbagai dakwaan dengan hukuman maksimal seumur hidup, namun dia diberitakan menerima ganti rugi setelah hak privasinya dilanggar di penjara.

Dilansir Daily Mirror Senin (8/7/2019), ganti rugi itu diberikan Pengadilan Versailles menyebut pemasangan kamera pengawas melanggar haknya mendapat waktu pribadi.

Abdeslam merupakan satu-satunya pelaku yang selamat dalam serangan teror yang terjadi pada 13 November 2015 di ibu kota Perancis menggunakan bom dan senapan serbu.

Setelah ditangkap pada 18 Maret 2016, dia ditempatkan di penjara berkeamanan ketat di April. Namun, Pengadilan Versailles menganggap sipirnya bertindak terlalu jauh.

Kamera pengawas pun dipasang untuk mengawasinya selama 24 jam. Tetapi pengadilan pada Maret 2017 menganggapnya ilegal setelah kuasa hukum Abdeslam menggugatnya.

Menurut pengacara Abdeslam Frank Berton, pengadilan mempertimbangkan bahwa mengawasinya dalam waktu lama telah melanggar haknya untuk memperoleh privasi.

Karena itu dalam buku yang dibuat jurnalis Perancis Elsa Vigoureux, pengadilan memerintahkan kompensasi sebesar 500 euro, atau sekitar Rp 7,9 juta.

Setelah memenangkan kasus itu, Berton mengungkapkan dia sempat menanyakan nomor rekening Abdeslam.

Namun, pelaku yang ditahan di Fleury-Merogis, penjara terbesar Eropa dekat Paris, diberitakan tak menyentuh uangnya.

Pria keturunan Maroko itu sudah mendapatkan vonis 20 tahun penjara setelah terbukti ikut dalam baku tembak melawan polisi di Brussels pada 2016.

Abdeslam bersama pelaku lainnya melakukan penyerangan di Stade de France ketika digelar laga uji coba Perancis melawan Jerman dengan meledakkan bom.

Kemudian, pelaku juga melakukan penembakan terhadap warga yang tengah menghadiri konser musik di Bataclan Theatre.

Akibatnya, 137 orang tewas dalam insiden tersebut, termasuk di antaranya tujuh pelaku. Sementara 413 orang lainnya luka-luka.

Salah satu pelaku adalah saudara Abdeslam, Brahim, yang tewas ketika meledakkan diri di kafe. Dia disebut sering berhubungan dengan komandan ISIS di Suriah.

https://internasional.kompas.com/read/2019/07/08/20450711/anggota-isis-pelaku-serangan-paris-2015-dapat-ganti-rugi-rp-7-juta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke