Salin Artikel

Serangan Mortir Hantam Pasar di Afghanistan, 14 Orang Tewas

Sejumlah tembakan mortir tersebut dilepaskan oleh kelompok Taliban dan menghantam pasar di distrik Khwaja Sabz Posh di Provinsi Faryab.

"Korban tewas berjumlah 14 orang dan hampir 40 orang luka-luka, termasuk wanita dan anak-anak," kata juru bicara militer Afghanistan, Hanif Rezaee, kepada AFP, Sabtu (6/7/2019).

Ditambahkan Hanif, kelompok Taliban kedapatan berusaha untuk mencapai pos pemeriksaan tentara di dekat pasar sesaat sebelum serangan terjadi. Belum ada komentar resmi dari kelompok pemberontak itu.

Sementara disampaikan Naem Musamin, direktur kesehatan masyarakat provinsi Faryab, mengatakan sebanyak 14 jenazah dan 39 korban luka, termasuk empat anak-anak telah dibawa ke rumah sakit terdekat.

Sedangkan untuk beberapa korban dengan luka parah dan dalam kondisi kritis langsung diterbangkan ke rumah sakit di Mazar-i-Sharif, Provinsi Balkh.

Selain serangan mortir di pasar, pada hari yang sama turut terjadi ledakan bom di dalam sebuah masjid Syiah di kota Ghazni di Afghanistan tengah.

Ledakan bom menewaskan sedikitnya dua jemaah dan melukai 20 lainnya, demikian disampaikan juru bicara gubernur Ghazni, Aref Noori.

Direktur rumah sakit Ghazni, Baz Mohammad Hemat, mengatakan, salah satu dari korban tewas dan 14 korban luka adalah anak-anak.

Jumat (5/7/2019) merupakan hari libur di Afghanistan dan banyak anak-anak datang ke masjid untuk beribadah.

Kelompok Taliban membantah bertanggung jawab atas ledakan bom di masjid Syiah kota Ghazni.

Serangkaian serangan yang terjadi di Afghanistan tersebut terjadi di tengah upaya perundingan yang sedang dilakukan oleh para perunding AS dengan para pejabat Taliban di Doha untuk mengakhiri konflik di negara itu.

Kesepakatan dengan Taliban diperkirakan memiliki dua poin utama, yakni penarikan pasukan AS dari Afghanistan dan komitmen oleh militan untuk tidak memberikan basis bagi teroris, alasan utama invasi AS hampir 18 tahun yang lalu.

Pada Minggu (7/7/2019), perwakilan pemberontak akan bertemu di ibu kota Qatar dengan berbagai perwakilan dari masyarakat Afghanistan sebagai bagian dari proses perdamaian yang potensial.

https://internasional.kompas.com/read/2019/07/06/22033771/serangan-mortir-hantam-pasar-di-afghanistan-14-orang-tewas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke